Pengaruh Keragaman Produk, Brand Image, Dan Promosi Terhadap Minat Menabung Pada Pt Bpr Sejahtera Batam

Penulis

  • Meliyani Universitas Putera Batam
  • Inda Sukati Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.53640/jemi.v23i2.1418

Kata Kunci:

Brand Image, Keragaman Produk, Minat Menabung, Promosi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi pengaruh dari keragaman produk, brand image, serta promosi terhadap minat menabung Pada PT BPR Sejahtera Batam. Populasi yang diambil sebagai fokus penelitian adalah sejumlah 165 nasabah yang telah menabung di PT BPR Sejahtera Batam, sebagaimana tercatat dalam tabel jumlah nasabah pada Juli 2023. Sampel ditentukan dengan rumus Slovin dengan menghasilkan 117 responden dipilih secara khusus melalui simple random sampling. Analisis data dilakukan melalui regresi linier berganda yang melibatkan beberapa tahapan seperti uji kualitas data, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa keragaman produk memiliki pengaruh sebesar 22,9% terhadap minat menabung. Brand image memiliki pengaruh sebesar 21,1% terhadap minat menabung. Promosi memiliki pengaruh sebesar 12,0% terhadap minat menabung. Temuan dari analisis koefisien determinasi (R2) mengindikasikan bahwa secara keseluruhan, keragaman produk, brand image, dan promosi mampu menjelaskan sebanyak 71,3% variasi dalam minat menabung. Selain itu, uji t dan uji F menunjukkan bahwa keragaman produk, brand image, dan promosi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap minat menabung Pada PT BPR Sejahtera Batam.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-23

Cara Mengutip

Meliyani, & Inda Sukati. (2023). Pengaruh Keragaman Produk, Brand Image, Dan Promosi Terhadap Minat Menabung Pada Pt Bpr Sejahtera Batam. JEMI Is Managed and Published by the Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Kutai Kartanegara University. Institutional Legality Is Reflected in the ISSN Number: 1411-9560 Published by LIPI in 2003 As a Manifestation of the Commitment of the Journal of Economics and Management to the Demands of Scientific Culture. Submit Your Best Paper to Be Published With the Indonesian Journal of Economics and Management. Authors Who Wish to Submit Articles to the Journal of Management Economics, Must Comply With the Writing Guidelines. If the Submitted Article Does Not Comply With the Writing Guidelines or Is Written in a Different Format, It Will Be REJECTED by the Editor before Further Review. Editors Only Accept Articles That Meet the Specified Format. Articles Written in Indonesian., 23(2), 84–95. https://doi.org/10.53640/jemi.v23i2.1418

Terbitan

Bagian

Articles