Pengaruh Keragaman Produk, Brand Image, Dan Promosi Terhadap Minat Menabung Pada Pt Bpr Sejahtera Batam
DOI:
https://doi.org/10.53640/jemi.v23i2.1418Kata Kunci:
Brand Image, Keragaman Produk, Minat Menabung, PromosiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi pengaruh dari keragaman produk, brand image, serta promosi terhadap minat menabung Pada PT BPR Sejahtera Batam. Populasi yang diambil sebagai fokus penelitian adalah sejumlah 165 nasabah yang telah menabung di PT BPR Sejahtera Batam, sebagaimana tercatat dalam tabel jumlah nasabah pada Juli 2023. Sampel ditentukan dengan rumus Slovin dengan menghasilkan 117 responden dipilih secara khusus melalui simple random sampling. Analisis data dilakukan melalui regresi linier berganda yang melibatkan beberapa tahapan seperti uji kualitas data, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa keragaman produk memiliki pengaruh sebesar 22,9% terhadap minat menabung. Brand image memiliki pengaruh sebesar 21,1% terhadap minat menabung. Promosi memiliki pengaruh sebesar 12,0% terhadap minat menabung. Temuan dari analisis koefisien determinasi (R2) mengindikasikan bahwa secara keseluruhan, keragaman produk, brand image, dan promosi mampu menjelaskan sebanyak 71,3% variasi dalam minat menabung. Selain itu, uji t dan uji F menunjukkan bahwa keragaman produk, brand image, dan promosi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap minat menabung Pada PT BPR Sejahtera Batam.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Meliyani, Inda Sukati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.