PENGARUH PROMOSI, REVIEW CUSTOMER DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FASHION TIKTOK SHOP DI BATAM

Authors

  • Rizka Rahmadhannul Putri Universitas Putera Batam
  • Inda Sukati Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.53640/jemi.v24i2.1762

Keywords:

Keputusan Pembelian, Persepsi Konsumen, Promosi, Review Customer

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak promosi, review customer, dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian produk fashion di TikTok Shop di Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengn jenis deskriptif. Populasi penelitian terdiri dari konsumen TikTok Shop yang membeli produk fashion di Batam pada tahun 2024, meskipun jumlah pastinya tidak diketahui. Sampel diambil menggunakan rumus Lameshow, yang menghasilkan 100 responden dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data melibatkan uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa promosi memberikan pengaruh 20,0% terhadap keputusan pembelian, review customer berpengaruh 42,8% terhadap keputusan pembelian, dan persepsi konsumen terhadap promosi berpengaruh 22,6% terhadap keputusan pembelian. Analisis koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa promosi, review customer, dan persepsi konsumen menjelaskan 76,6% keputusan pembelian. Uji t dan uji F mendukung kesimpulan bahwa promosi, review customer, dan persepsi konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, baik secara individual maupun bersamaan

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-12-24

How to Cite

Rizka Rahmadhannul Putri, & Inda Sukati. (2024). PENGARUH PROMOSI, REVIEW CUSTOMER DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FASHION TIKTOK SHOP DI BATAM. Jurnal Ekonomi &Amp; Manajemen Indonesia, 24(2), 96–109. https://doi.org/10.53640/jemi.v24i2.1762

Issue

Section

Articles