ANALISIS KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING DAN MENEMPEL GAMBAR DI TK IBNU SINA SAMARINDA
Kata Kunci:
Kemampuan Motorik Halus, menggunting dan menempel, anak usia diniAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan menggunting dan menempel gambar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Ibnu Sina Samarinda. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bagaimana kemampuan motorik halus anak pada kelompok B di TK Ibnu Sina Samarinda Hasil analisis data menunjukkan bahwa anak kelompok B memiliki kemampuan motorik halus yang belum berkembang secara optimal, sebelum dilakukannya kegiatan menggunting dan menempel gambar secara bertahap, dengan memberikan kegiatan yang tepat dan lingkungan yang mendukung, anak-anak dapat mengalami kemajuan yang signifikan dalam hal pengembangan motorik halus dengan melakukan kegiatan menggunting dan menempel gambar.
Unduhan
Referensi
Aisyah Siti, dkk. (2018). Pengembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan: Univesitas Terbuka.
Arikunto, Suharmi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
J. Moleong Lexy. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 146 tahun 2014, Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Moedzakir, M. Djauzi. (2010). Desain dan Model Penelitian Kualitatif (Biografi, fenomenologi, Teori Grounded, dan Studi Kasus), Malang: FKIP UNM.
Muharrar, Syarir. dkk. (2013). Kreasi kolase, montase, mozaik sederhana. Semarang: Esensi Erlangga Group.
Mursyid, (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya
Pamadi dan Sukardi, (2010). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Santoso, (2012). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini menurut Pendirinya, Jakarta
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D), Bandung: Alfabeta.
Sumantri, (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdikbud
Susanto, Ahmad. (2017). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya, Jakarta: Kencana.
Yunmahlizar, Y&Rahma, (2020). Upaya Peningkatan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Menggunting Di TK Al Musdar. Jurnal pendidikan
Zaman Badru&Hermawan Henry Asep. (2016). Media dan Sumber Belajar PAUD.Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.