POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK SAMARINDA KOTA
Kata Kunci:
pola asuh, kemandirian, anak usia diniAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola asuh orang tua dalam menanamkan kemandirian anak usia dini di TK Samarinda Kota. Pola asuh orang tua yang diberikan pada anak akan mempengaruhi kemandirian pada diri anak. Setiap kemandirian anak pastinya berbeda-beda tergantung dari pola asuh orang dalam menanamkan kemandirian anak. Banyak dari orang tua melakukan perbedaan pola asuh yang terkadang menurut mereka baik belum tentu itu yang terbaik untuk anak. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisa data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pemeriksaan kepercayaan data dalam penelitian ini dilakukan melalui uji keabsahan data. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa pola asuh demokrasi dan permisif yang dominan diterapkan oleh orang tua dalam menanamkan kemandirian anak.
Unduhan
Referensi
Adawiyah, Rabiatul. 2017. “Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak (Studi Pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan)”, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Volume 7, Nomor 1. Hlm 33-48.
Anselm Strauss dan Juliet Corbin. 2003. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Pustaka Pelajar Diterjemahkan Muhammad sodiq dan Imam Muttaqin.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Departement Pendidikan Nasional.Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. UURI No.20 Tahun 2003 dan Peraturan Pelaksanaannya. (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional). 2003.
Depdiknas. 2001. Buku 1 Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdikbud.
Depdiknas. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Helmawati (2014). Pendidikan Keluarga. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Hurlock, E.B. (2010). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Irfan. 2020. EfektivitasModel Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian Vol.1 No.3 Agustus 2020
Juniaris, A., & Wijayaningsih, L. (2022). Pola Komunikasi Guru dan Orang Tua dalam Mewujudkan Kemandirian. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4860–4874.
Komala. (2015). Mengenal dan Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Orang Tua dan Guru. Jurnal Tunas Siliwangi Vol.1 No.1 Oktober 2015.
Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rodaskarya, 2016
Miles, M.B. and Huberman, 1992. A.M. Qualitative Data Analysis, London: Sage Publication.
Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta. Depdiknas
Nasution, Raisyah Armayanti. 2017. “Penanaman Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montessori”. Jurnal Raudhah. Volume 2, nomor 2. Hlm 1-16.
Nurhayati, E. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif.Yoyakarta:Pustaka Pelajar.
Restiani, S. (2017).Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Dengan Kemandirian Anak di Kelompok A PAUD IT Bina Iman Kabupaten Bengkulu Utara.Jurnal Potensia PGPAUD FKIP UNIB Vol.2 No.1 2017.
Robert K Yin, Studi Kasus (Desain & Metode), Jakarta PT Raja Grafindo Persada, 2003.
Saleh, R. (2022). Kerja Sama Orang Tua dan Pendidik dalam Mengenalkan Nilai-Nilai Moral Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 24–33.
Santrock, J. (2002). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Saragih, A. A. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak pada Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 6(2), 2352–2360
Sochib. Moch. 2000. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.
Sunarty, Kustiah. 2016. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Anak. [Online] Tersedia: https://media.neliti.com/media/publications/177109-ID-hubungan-pola-asuh-orangtua-dan-kemandir.pdf. (2 Januari 2024)
Susilawati, Samsul. 2020. Pembelajaran Moral dan Desain Pembelajaran Moral. Yogyakarta: Pustaka Egaliter
Wahyuni, W., & Al Rasyid, H. (2022). Pengaruh Pembiasaan, Kecerdasan Emosional dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3034–3049.
Yusnita, N. cynthia, & Muqowim. (2020). Pendekatan Student Centered Learning
Yusuf LN, Syamsu. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosda.
Undang-Undang Republik Indonesia, No. 20. Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2005. Jakarta: Balai Pustaka.