ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN MEMBACA PADA ANAK : STUDI KASUS DI LPKA KELAS II A TENGGARONG

Penulis

  • Universitas Kutai Kartanegara
  • Fitri Anjarwati Universitas Kutai Kartanegara

Kata Kunci:

kesulitan membaca, anak

Abstrak

 

Anak usia dini memiliki masa golden age yang dapat dengan cepat merekam apapun yang ada di lingkungan anak. Pada masa ini anak peka/sensitif menerima berbagai rangsangan yang diberikan lingkungan. Komunikasi menjadi urgen dalam aktivitas kehidupan manusia sebab komunikasi merupakan salah satu bentuk pembelajaran. Oleh karenanya, sebagai orang tua sedari dini perlu mengoptimalkan kemampuan komunikasi anak agar saat memasuki masa usai sekolah anak mampu berkomunikasi dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode survei dan wawancara. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi anak dapat ditingkatkan dengan intensnya keterlibatan orang tua dalam membersamai anak.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustinova, D. E. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Politik. Jogyakarta: Calpulis.

Anggito, A dan Setiawan, J. (2018) Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak

Aprilia, U, I, Dkk. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 5(2), 227-233.

Aprizan. DKK. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha

Arifa, D. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Cerpen Dengan Metode P2R. Malang: Tim MNC Publishing

Cahya, L. S. (2013). Adakah ABK Di Kelasku? Yogyakarta: Familala

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Depok: PT Raja Grapindo Persada.Dantes, N. (2014). Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Darmadi, H. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. Tangerang: Animage.

Darmadi. (2018). Membaca Yuk Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Sejak Usia Dini. Bogor: Guepedia Publisher.

Fadillah, D. (2022). Aspek Pembelajaran Bahasa Indonesia. CV Jejak.

Fazita, N. (2021). Analisis Faktor Kesulitan Membaca terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 3 Sirnoboyo Tahun Pelajaran 2020/2021. STKIP PGRI PACITAN.

Fitrah, M, dan Luthfiyah. (2017). Metode Penelitian (Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus). Jawa Barat: CV Jejak.

Gunawan, I. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamdayana, J. (2022). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendri. (2019). Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Peserta Didik di SDN-5 Panarung. Jurnal Pendidikan. 14(2), 56

Herri, Dkk. (2021). Pengantar Psikologi Untuk Perawatan. Jakarta: Kencana.

Restian, A. (2015). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi. Malang: UMM Press.

Rustinarsih, L. (2021). Make A Match Cara Menyenangkan Belajar Membaca Wacana Aksara Jawa. Solo: Penerbit Yayasan Lembaga Gumun Indonesia

Triwiyanto, T. (2021). Pengantar Pendidikan. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=grgmeaaaqba

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-17

Cara Mengutip

Mutmainnah, M., & Anjarwati, F. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN MEMBACA PADA ANAK : STUDI KASUS DI LPKA KELAS II A TENGGARONG. Jurnal Benua Etam Ramah Anak Usia Dini, 1(1), 8–19. Diambil dari https://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/beraksi/article/view/1594

Terbitan

Bagian

Articles