PENGGUNAAN E-BOOK STORY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Penulis

  • Universitas Kutai Kartanegara

Kata Kunci:

E-book Story, media pembelajaran, anak usia dini

Abstrak

Perkembangan teknologi yang semakin pesat perlu diimbangi dengan inovasi dan kreativitas guru menyediakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan ebook story sebagai media pembelajaran anak usia dini. Ebook story juga diharapkan dapat memberi dampak positif terhadap penggunaan teknologi dan nilai-nilai cerita dapat mengembangan sikap positif anak usia dini. Pnelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan (research and development). Hasil pengembangan ini adalah 98% anak tertarik pada media E-book Story pada pembelajaran sosial emosional anak usia dini, 90% media E-book Story efisien digunakan anak, dan 85,38% media E-book Story efektif digunakan anak. Sedangkan data keseluruhan dari ahli media memiliki nilai kevalidan sebesar 94,23% dan ahli pembelajaran anak usia dini memiliki nilai kevalidan sebesar 87,5%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ayuni, R. D., & Rusmawati, D. (2013). Pengaruh Storytelling Terhadap Perilaku Empati Anak. In Jurnal Psikologi Undip (Vol. 12, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jpu.12.2.121-130

Borg, W. R, dan Gall, M. D. 1983.Educational Research: Ahn Introduction Fourth edition. New York: Longman. (chapter 18: Educational research and development)

Herliani, H. A., Febriyanti, & Atika, N. (2022). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Dalam Penggunaan Gadget di Desa Sembadak Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 6 Nomor 2, Hal.13155-13162.

Lyla, R. W., Subandowo, M., & Sugito. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Pada Anak Usia 4-5 Tahun. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2714

Rahmi, A. M., & Muchlisin, M. A. (2022). Analisis Implementasi Pembelajaran Sains Berbasis Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Cikarang Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 10–17. https://doi.org/10.5281/zenodo.7460364

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Salsabila, A. T., Yuni Astuti, D., Hafidah, R., Nurjanah, N. E., & Jumiatmoko. (2021). Pengaruh Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 164–171. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.41747

Santyasa,I Wayan.2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Disajikan dalam Workshop Media Pembelajaran bagi Guru-Guru SMA Negeri Banjar Angkan pada tanggal 10 Januari 2007.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Cara Mengutip

Anjarwati, F. (2023). PENGGUNAAN E-BOOK STORY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. Jurnal Benua Etam Ramah Anak Usia Dini, 1(1), 36–41. Diambil dari https://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/beraksi/article/view/1517

Terbitan

Bagian

Articles