PENGGUNAAN E-BOOK STORY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
Kata Kunci:
E-book Story, media pembelajaran, anak usia diniAbstrak
Perkembangan teknologi yang semakin pesat perlu diimbangi dengan inovasi dan kreativitas guru menyediakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan ebook story sebagai media pembelajaran anak usia dini. Ebook story juga diharapkan dapat memberi dampak positif terhadap penggunaan teknologi dan nilai-nilai cerita dapat mengembangan sikap positif anak usia dini. Pnelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan (research and development). Hasil pengembangan ini adalah 98% anak tertarik pada media E-book Story pada pembelajaran sosial emosional anak usia dini, 90% media E-book Story efisien digunakan anak, dan 85,38% media E-book Story efektif digunakan anak. Sedangkan data keseluruhan dari ahli media memiliki nilai kevalidan sebesar 94,23% dan ahli pembelajaran anak usia dini memiliki nilai kevalidan sebesar 87,5%.
Unduhan
Referensi
Ayuni, R. D., & Rusmawati, D. (2013). Pengaruh Storytelling Terhadap Perilaku Empati Anak. In Jurnal Psikologi Undip (Vol. 12, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jpu.12.2.121-130
Borg, W. R, dan Gall, M. D. 1983.Educational Research: Ahn Introduction Fourth edition. New York: Longman. (chapter 18: Educational research and development)
Herliani, H. A., Febriyanti, & Atika, N. (2022). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Dalam Penggunaan Gadget di Desa Sembadak Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 6 Nomor 2, Hal.13155-13162.
Lyla, R. W., Subandowo, M., & Sugito. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Pada Anak Usia 4-5 Tahun. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2714
Rahmi, A. M., & Muchlisin, M. A. (2022). Analisis Implementasi Pembelajaran Sains Berbasis Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Cikarang Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 10–17. https://doi.org/10.5281/zenodo.7460364
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275
Salsabila, A. T., Yuni Astuti, D., Hafidah, R., Nurjanah, N. E., & Jumiatmoko. (2021). Pengaruh Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 164–171. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.41747
Santyasa,I Wayan.2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Disajikan dalam Workshop Media Pembelajaran bagi Guru-Guru SMA Negeri Banjar Angkan pada tanggal 10 Januari 2007.
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.