MANFAAT IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK ANAK USIA DINI

Penulis

  • Universitas Kutai Kartanegara

Kata Kunci:

Experiential Learning, anak usia dini

Abstrak

Anak usia dini memiliki karakteristik yang unik dan khas. Proses pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini sangat cepat. Pada masa emas inilah waktu yang tepat untuk mengembangkan potensi diri anak. Tujuan artikel ini untuk menganalisis manfaat implementasi model experiential learning pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode literatur review. Data diperoleh dari google scholar, sinta, dan mendeley berupa artikel penelitian. Data diperoleh 30 artikel, setelah dilakukan seleksi terdapat 5 artikel sebagai bahan analisis. Hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran experiential learning dapat menjadi alternatif model pembelajaran pada anak usia dini. Model pembelejaran experiential learning memberi dampak positif bagi pertumbuhan dan perkembangan anak yaitu dapat mengembangkan ketarampilan anak berkomunikasi, bekerjasama, berpikir kritis, meningkatkan kemandirian dan menguatkan pembelajaran karakter.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andriani, W. (2022). Penggunaan Metode Sistematik Literatur Review dalam Penelitian Ilmu Sosiologi. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5632

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58.

Dewi, N. L. G. A., Suryaningsih, N. M. A., Cahaya, I. M. E., & dkk. (2023). Penerapan Model Experiential Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–11. https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/2368

Erni, E., Yunus, M., & Nur, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning ( CTL ) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD The Influence of Contextual Teaching Learning ( CTL ) Model on the Social Science Learning Outcomes of Elementary School Students Pendahuluan. 1(22), 16–23.

Hasan, M., Arisah, N., Dinar, M., Rahmatullah, R., & Nurdiana, N. (2023). Model Experiential Learning untuk Mengembangkan Karakter Kewirausahaan Berbasis Budaya Lokal pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1333–1345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3884

Hayati, R. S. (2020). Pendidikan lingkungan berbasis experiential learning untuk meningkatkan literasi lingkungan. Humanika, 20(1), 63–82. https://doi.org/10.21831/hum.v20i1.29039.63-82

Iswinarti, Kartono, R., Hasanati, N., & Firdiyanti, R. (2020). BERLIAN ( B ermain- E xpe R iential -L earn I ng- AN ak ) Community to Support Character Education for Children. Atlantis Press, 395(Acpch 2019), 318–322.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1–12.

Kolb, Alice Y. & Kolb, David A. 2008. Experiential Learning Theory: A Dynamic, Holistic Approach to Management Learning, Education and Development. http://learningfromexperience.com/media/2010/08/ELT-Hbk-MLED-LFE-website-2- 08.pdf (e-book diakses tanggal 27 Maret 2023)

Kolb, A., & Kolb, D. (2017). Experiential Learning Theory as a Guide for Experiential Educators in Highe...: DISCOVER for Books, Articles and Media. A Journal for Engaged Educators, 1(1), 7–44. https://nsuworks.nova.edu/elthe/vol1/iss1/7

Nurani, Yuliani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Maran, M. H., Akbar, M. R., & Wijayanti, R. (2021). Pengembangan Permainan Tradisional Throw Ball Bello Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Melior: Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(2), 45–50.

Matono, W. C., Heni, & Karolin, L. A. (2022). Implementasi Model Experential Learning sebagai Bagian dari Program Sekolah Ramah Anak. Seminar Nasional Dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga Dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas, 159–167. https://eprints.uad.ac.id/14038/1/artikel wahyuni christiany martono.pdf

Mursid. 2015. Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: Rosdakarya.

Sragih, A. S., Sitepu, A., & Silaban, P. J. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Perkembangan Teknologi Di Kelas III SD. Jurnal PAJAR, 6(5), 1293–1299. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8529

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-04

Cara Mengutip

Anjarwati, F. (2024). MANFAAT IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK ANAK USIA DINI. Jurnal Benua Etam Ramah Anak Usia Dini, 1(2), 39–48. Diambil dari https://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/beraksi/article/view/1516

Terbitan

Bagian

Articles