STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR (SD) USIA 7-8 TAHUN DI TENGGARONG

Penulis

  • Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Kata Kunci:

strategi guru, kemampuan sosial emosional, anak

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya sosial emosional anak usia 7-8 tahun, oleh itu dibutuhkan strategi guru untuk mengembangkan kemampuan sosial emosionalnya tersebut. Selain itu menggali lebih dalam mengenai faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisa data yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa anak usia 7-8 tahun pada SD di Tenggarong, sudah mampu menunjukkan sosial dan emosional yang positif, ini ditandai dengan anak mampu tampil percaya diri dihadapan teman dan guru, anak mampu mengenali emosi, kesadaran sosial. Strategi guru  dalam mengembangkan sosial emosional ini yaitu dengan mengenalkan emosi dan mengekspresikan emosi dengan tepat, mengajarkan kesadaran sosial. Faktor pendukung kemampuan sosial emosional anak adalah dari faktor orangtua, kematangan fisik dan psikis anak, serta strategi yang tepat bagi perkembangan anak. Sedangkan faktor penghambatnya adalah fokus anak dan kurangnya kerjasama orang tua dan guru.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Almujtaba, Wajdi Parid‘Guru Dan Profesionalitas Dalam Pendidikan’, Seri Publikasi Pembelajaran, 1.2 2021

Astuti, Guru SD Ash Habul Kahfi Jembayan”, Jembayan, 23 Maret 2022.

Aulia Nurfazrina, Syifa, Heri Yusuf Muslihin, and Sumardi Sumardi, ‘Analisis Kemampuan Empati Anak Usia 5-6 Tahun (Literature Review)’, Jurnal Paud Agapedia, 4.2 (2020), 285–99 https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/30447 .

Erna Ladubasari, Erna, ‘Anak Sekolah Dasar’, Seminar Nasional FKIP UMC, 2020, 1–6 <https://www.academia.edu/40664619/PERKEMBANGAN_EMOSI_PADA_ANAK_SEKOLAH_DASAR?from=cover_page>.

Hana Pebriana, Putri, ‘Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1.1 (2017), 1 <https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26>.

Hariantona, “Pengembangan Sosial Emosional Siswa SD Negeri 015 Kecamatan Samarinda Utara”, Tesis tidak diterbitkan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, 2017

Jon Iskandar Bahari, Jon, ‘Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini’, International Jornal Of Educational Resources, 01.06 2021

Putri Dewi, MeraIrdamurni, Neviyarni S, ‘Perkembangan Bahasa, Emosi, dan Sosial Anak Usia SEKOLAH DASAR | Dewi | Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar’, p. 2020 http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/7369.

Putri Wardany, Minaty, Aktivitas Bermain Kooperatif Meningkatkan Perkembangan Sosial-Emosional Anak, diakses pada tanggal 20 Maret 2022, pada link, https://jornal.FKIPUniversitasLampung.ac.id

R Nur’Aini, R Nur, ‘Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Dalam Buku Cerita Anak" Aku Anak Yang Berani, Bisa Melindungi Diri Sendiri" Seri 4’, 2020 <http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/9704>.

Rahma, Guru SD Muhammadiyah 1 Tenggarong”, Tenggarong, wawancara, 22 Maret 2022

Rusman Abd Hadi, Rusman, Asrori, "Penelitian Kualitatif", Book Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 2021.

Septiria,Delima, Tesis “Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok Bermain Melalui Alat Permainan Edukatif Magic Box” 2020, pada link http://repository.iainbengkulu.ac.id diakses pada tanggal 07 Pebruari 2022

Sidik, Umar, “Miftachul Choiri, Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan”, Ponorogo: CV Nata Karya, 2019

Stavrou, P D and E Kourkoutas, ‘School Based Programs for Socio-Emotional Development of Children with or without Difficulties: Promoting Resilience’, American Journal of Educational Research, 5.2 (2017), 131–37 <https://doi.org/10.12691/education-5-2-4>.

Sumiati, “Pengembangan Model Pemelajaran Kooperatif Berbasis Sentra untuk Meningkatkan Kecerdasa Sosial Emosional Anak”, 2020, pada link https://www.rwsearchgate.net . diakses pada 4 pebruasi 2022

Syamsudin, Teori Perkembangan Sosial Emosional (Jakarta : Rineka Piteka Cipta, 2017

Wijaya, Sendi, ‘The Roles of Parents Teachers Association in School-Age Children’s Psychosocial Development According to Erik Erikson’, Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3.1 (2022), 45–54 <https://doi.org/10.51276/edu.v3i1.215>.

Wijayanto, Arif, ‘DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Peran Orangtua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional’, DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1.1 2020

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-27

Cara Mengutip

nurhayati, nurhayati. (2023). STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR (SD) USIA 7-8 TAHUN DI TENGGARONG. Jurnal Benua Etam Ramah Anak Usia Dini, 1(1), 26–35. Diambil dari https://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/beraksi/article/view/1501

Terbitan

Bagian

Articles