Program GEMA untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an: Penerapan Metode Tilawati pada Santri Yayasan Darul Aminin Dusun Jonggon C
Kata Kunci:
GEMA, Metode Tilawati, Kemampuan Membaca Al-Qur'an, Pembelajaran BerkelompokAbstrak
Program GEMA (Gerakan Mengaji) merupakan program peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an yang diterapkan pada santri Yayasan Darul Aminin Dusun Jonggon C menggunakan metode tilawati. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an santri melalui pendekatan pembelajaran yang sistematis dan menyenangkan. Metode yang digunakan adalah kombinasi pengenalan metode tilawati dan praktik membaca Al-Qur'an berkelompok dengan penerapan metode tilawati. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan dalam ketepatan makhraj huruf, penerapan hukum tajwid, dan dalam kelancaran membaca Al-Qur'an. Program ini telah berhasil menciptakan sistem pembelajaran Al-Qur'an yang efektif dan berkelanjutan di Yayasan Darul Aminin. Keberhasilan program ini tidak lepas dari dukungan penuh pengurus yayasan, ustadz/ustadzah, dan partisipasi aktif para santri dalam mengikuti setiap tahapan pembelajaran. Selain itu, keterlibatan orang tua dalam memotivasi dan mendampingi santri selama proses pembelajaran juga menjadi faktor penting dalam mencapai hasil yang optimal. Program GEMA juga telah mendorong tumbuhnya semangat berlomba-lomba dalam kebaikan di kalangan santri untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an mereka.
Referensi
Peraturan daerah kabupaten Kutai Kartanegara Nomor 4 Tahun 2021 tentang pedoman penyelenggaraan Gerakan Etam Mengaji. 2021.
M. Hamdani, “Penerapan Metode Membaca Alqur’an Pada TPA Di Kecamatan Amuntai Utara (Studi pada metode Iqra dan metode Tilawati),” Al Qalam J. Ilm. Keagamaan dan Kemasyarakatan, vol. 11, no. 24, pp. 89–106, 2017, doi: 10.35931/aq.v0i0.12.
F. Janati, “Implementasi metode iqro’ dalam meningkatkan kefasihan membaca al-qur’an pada siswa kelas iv sd negeri 01 kajen kabupaten pekalongan,” 2023.
Hartono, “Penerapan Metode Tilawati Pada Mata Pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di Sdit Mukhlisiin Kabupten Gowa,” Inspiratif Pendidik., vol. 7, no. 2, p. 263, 2018, doi: 10.24252/ip.v7i2.7904.
E. Selvia, Rahmad, and Sulistyowati, “Pelatihan Membaca Al-Quran Melalui Metode Tilawati Bagi Siswa Sekolah Dasar,” GERVASI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 7, no. 1, pp. 252–263, 2023, doi: 10.31571/gervasi.v7i1.5263.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Unikarta

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.