Membangkitkan Semangat Membaca Al-Qur’an di Kalangan Generasi Muda di Desa Wonosari

Penulis

  • Nursifa Nursifa Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Putri Wahyuningsih Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Novianty Cristianti Beatriks Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Ricky Ari Widika Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Prihatin Nurhidayanti Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • M. Alfariza Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Nur Sidik Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Efri Hadaytana Risky Gulam Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Muhammad Hermanto Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong

Kata Kunci:

Membaca Al-Qur'an, Generasi Muda

Abstrak

Minat membaca Al-Qur'an di kalangan generasi muda Desa Wonosari mengalami penurunan akibat berbagai faktor seperti perkembangan teknologi dan perubahan gaya hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca Al-Qur'an serta mengembangkan metode yang efektif untuk membangkitkan semangat membaca Al-Qur'an di kalangan generasi muda. Melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa pengaruh lingkungan keluarga, peran teknologi, dan motivasi spiritual berperan besar dalam menentukan minat membaca Al-Qur'an. Berbagai strategi diimplementasikan seperti kelas tahsin dan tahfidz, pemanfaatan aplikasi digital, serta penguatan komunitas religius. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan partisipasi dan keterampilan membaca Al-Qur'an. Grafik dan data yang dihasilkan menunjukkan tren positif dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur'an.

Referensi

N. Azis and A. Amiruddin, “Motivasi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di sekolah dasar negeri,” TARBAWI J. Pendidik. Agama Islam, vol. 5, no. 01, pp. 56–74, 2020.

S. Sumianto, A. Admoko, and R. S. I. Dewi, “Pembelajaran Sosial-Kognitif di Sekolah Dasar: Implementasi Teori Albert Bandura,” Indones. Res. J. Educ., vol. 4, no. 4, pp. 102–109, 2024.

T. A. B. Ambarsari, “KESIAPAN LITERASI GENERASI DIGITAL NATIVES DALAM MENGHADAPI PENDIDIKAN ERA SOCIETY 5.0,” J. Inov. Teknol. dan Edukasi Tek., vol. 3, no. 7, p. 1, 2023.

F. S. Muhamad, “IMPLEMENTASI TEORI EKOLOGI BRONFENBRENNER DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs. PAKIS CILONGOK.” UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri, 2023.

N. Yusro and D. Hajjah Ristianti, “Implementasi Program Tahsin Dalam Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rejang Lebong.” Institut Agama Islam Negeri Curup, 2023.

A. Arlina, A. R. P. Siregar, A. Nursyifa, A. Putri, and B. H. Lubis, “Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa Pendidikan Agama Islam UINSU Medan Stambuk 2021,” 2024.

H. L. Siregar, A. Yulinda, A. D. Fadhilah, and U. A. Mawaddah, “Analisis Peran Agama Islam Dalam Menanggulangi Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja,” Madani J. Ilm. Multidisiplin, vol. 2, no. 5, 2024.

A. B. Susanto, “Penggunaan Aplikasi Al Qur’an Digital Dalam Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadist,” Islam EDU J. Ilm. Pendidik. Agama Islam, vol. 2, no. 01, pp. 14–26, 2024.

F. Istikarini, M. Mukromin, and C. Astina, “Peran Guru Tahfidz dalam Memotivasi Untuk Menghafal Al-Qur’an Siswa MI Al-Fatah Parakancanggah Banjarnegara,” IHSANIKA J. Pendidik. Agama Islam, vol. 2, no. 2, pp. 158–166, 2024.

S. Zazak, L. Rahmawati, and A. A. Al Abid, “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Al-Qur’An,” J. Perspekt., vol. 16, no. 2, pp. 199–208, 2023.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Nursifa, N., Wahyuningsih, P., Beatriks, N. C., Widika, R. A., Nurhidayanti, P., Alfariza, M., Sidik, N., Gulam, E. H. R., & Hermanto, M. (2024). Membangkitkan Semangat Membaca Al-Qur’an di Kalangan Generasi Muda di Desa Wonosari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Unikarta, 1(1), 18–23. Diambil dari https://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/jpmu/article/view/1695