Digital Branding UMKM: Pendampingan dan Pengelolaan Amplang Ikan Pipih Isnawati di Desa Kota Bangun Seberang
Kata Kunci:
UMKM, Digital BrandingAbstrak
Kegiatan pendampingan UMKM dalam meningkatkan Branding dan Pengelolaan pada UMKM Amplang Ikan Pipih Isnawati ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas UMKM karena dalam digital branding produk dilakukan pengembangan seperti rebranding produk, pemasaran, dan desain. Produk yang rebranding agar menjadi nilai tambah untuk produk UMKM Amplang Ikan Pipih Isnawati dan Ming. Kegiatan peningkatan branding UMKM Amplang Ikan Pipih Isnawati dilakukan dengan tiga tahap yaitu yang pertama desain kemasan, pembaruan logo, dan juga sosial media. Proses desain kemasan dilakukan untuk meningkatkan daya tarik konsumen, karena dengan kemasan yang menarik bisa mempunyai daya jual tinggi. Selanjutnya yaitu sosial media yang dilakukan agar produk UMKM Amplang Ikan Pipih Isnawati dapat terjangkau di luar daerah Kota Bangun dan meningkatkan penjualan.
Referensi
A. Octavia, “Studi Tentang Kelompok Belajar Usaha Amplang Pada Rumah Produksi Usaha Anda Jaya Samarinda,” Learn. Soc. J. csr, Pendidik. dan Pemberdaya. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 29–43, 2020.
N. Maulida, “Peluang bisnis produk usaha mikro, kecil dan menengah di Indomaret Hybrid Palangka Raya.” IAIN Palangka Raya, 2021.
A. D. Subagja and Z. Oktoberi, “Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Keripik Singkong Widia di Desa Gandasoli Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang-Jawa Barat,” J. Pengabdi. Mandiri, vol. 2, no. 2, pp. 547–562, 2023.
A. Dwijayanti, R. Komalasari, B. Harto, P. Pramesti, and M. W. Alfaridzi, “Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital,” Ikra-Ith Abdimas, vol. 6, no. 2, pp. 68–75, 2023.
M. Kurniawati, Y. F. Riwu, P. Y. Amtiran, and Y. S. Fa’ah, “Pelatihan Personal Branding Dan Digital Literacy Bagi Pelaku Umkm Di Kota Kupang,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 7, no. 2, pp. 1399–1406, 2023.
H. M. Y. Saleh and S. E. Miah Said, Konsep dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies, vol. 1. Sah Media, 2019.
G. Mulyadi, “Pengaruh Merek dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM,” J. Ekonologi Ilmu Manaj., vol. 2, no. 1, pp. 105–109, 2018.
F. Chandra, Social Media Marketing, Strategi Memaksimalkan Media Sosial. Diva Press, 2021.
I. B. Aristawidia, “Kajian Literatur Penerapan Strategi Branding Bagi Kemajuan Umkm Di Era Digital,” J. Manaj. Dan Inov., vol. 1, no. 2, pp. 1–13, 2018.
A. K. Ningtyas and Y. B. Kusuma, “Peranan Pendampingan UMKM Untuk Meningkatkan Usaha Dan Akses Pasar Pedagang SWK Urip Sumoharjo,” J. Creat. Student Res., vol. 2, no. 4, pp. 103–116, 2024.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Unikarta
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.