Peningkatan Motorik Siswa Sekolah Dasar 030 Melalui Kegiatan Belajar dan Bermain Desa SukaBumi Kecamatan Kota Bangun Darat
Kata Kunci:
Pengembangan Motorik Siswa, Kegiatan Belajar dan Bermain, Motorik Kasar dan Halus, Melatih FokusAbstrak
Program pengembangan motorik dan melatih fokus anak sekolah dasar (SD) ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dan kasar serta kemampuan konsentrasi siswa. Melalui kegiatan yang menyenangkan dan interaktif, seperti permainan fisik, latihan keseimbangan, dan kegiatan seni, program ini bertujuan untuk membantu anak-anak mengembangkan koordinasi, kekuatan otot, dan daya tahan. Selain itu, program ini juga mencakup latihan-latihan fokus yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perhatian dan konsentrasi anak dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Hasil awal dari pelaksanaan program ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan motorik dan kemampuan fokus siswa, yang pada gilirannya berdampak positif pada performa akademis mereka. Program ini diharapkan dapat menjadi model bagi sekolah-sekolah lain dalam upaya mendukung perkembangan holistik siswa. Maka dari itu, kami dari KKN XXXIV Universitas Kutai Kartanegara akan mengajarkan murid kelas Satu SD Desa Suka Bumi Kecamatan Kota Bangun Darat Kabupaten Kutai Kartanegara untuk mengenal anggota tubuh, kesenian, dan daya fokus.
Referensi
K. Desa, “Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (2024),” Laporan tahun 2024.
P. R. dan Hijriati, “Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembanganya,” J. Pendidik. Anak, vol. 7, no. 1, 2021.
S. B. Syukur, F. Firmawati, M. Rokhani, and M. N. Amu, “EDUKASI KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN,” PREPOTIF J. Kesehat. Masy., vol. 8, no. 2, pp. 3584–3596, 2024.
F. N. Fitriyani, “Perkembangan Bermain Anak Usia Dini,” As-Sibyan J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 02, pp. 125–140, 2017.
A. Hanum and R. Rohita, “Kegiatan sentra olah tubuh dalam menstimulasi kemampuan motorik kasar anak,” J. Anak Usia Dini Holistik Integr., vol. 2, no. 2, pp. 89–101, 2020.
A. I. Sayd, M. Attubel, and H. Nazarudin, “Implementasi metode total physical response (TPR) dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi anak-anak sekolah dasar inpres Liliba Kupang,” Bisman-Jurnal Bisnis Manaj., vol. 3, no. 01, pp. 17–24, 2018.
S. R. Khoerunnisa, I. Muqodas, and R. Justicia, “Pengaruh Bermain Puzzle terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 49–58, 2023.
R. Isnawati, Cara Kreatif Dalam Proses Belajar (Konsentrasi Belajar pada Anak GejalaGangguan Pemusatan Perhatian (ADD)). Jakad Media Publishing, 2020.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengabdian Masyarakat Unikarta
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.