THE INFLUENCE OF EXPERIENTIAL MARKETING ON CUSTOMER LOYALTY THROUGH CUSTOMER SATISFACTION AS A MEDIATING VARIABLE (A STUDY OF KOPI JANJI JIWA)

Penulis

  • Genoveva PRESIDENT UNIVERSITY
  • Nuffuz Fauziah President University

DOI:

https://doi.org/10.53640/jemi.v25i1.1952

Kata Kunci:

Experiential Marketing, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah experiential marketing berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi pada Kopi Janji Jiwa. Penelitian berdasar dari sumber data kuesioner yang disebarkan kepada konsumen yang melakukan pembelian selama masa pandemi. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 175 responden. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS)-SEM melalui software SmartPLS 3.0. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling adalah teknik pemilihan sampel dari populasi yang telah ditentukan, dengan mempertimbangkan persyaratan tertentu setsuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel experiential marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu sense, feel, think, act, dan relate. Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Dan experiential marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan dimediasi kepuasan konsumen.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-24

Cara Mengutip

Genoveva, & Fauziah, N. (2025). THE INFLUENCE OF EXPERIENTIAL MARKETING ON CUSTOMER LOYALTY THROUGH CUSTOMER SATISFACTION AS A MEDIATING VARIABLE (A STUDY OF KOPI JANJI JIWA). JEMI Is Managed and Published by the Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Kutai Kartanegara University. Institutional Legality Is Reflected in the ISSN Number: 1411-9560 Published by LIPI in 2003 As a Manifestation of the Commitment of the Journal of Economics and Management to the Demands of Scientific Culture. Submit Your Best Paper to Be Published With the Indonesian Journal of Economics and Management. Authors Who Wish to Submit Articles to the Journal of Management Economics, Must Comply With the Writing Guidelines. If the Submitted Article Does Not Comply With the Writing Guidelines or Is Written in a Different Format, It Will Be REJECTED by the Editor before Further Review. Editors Only Accept Articles That Meet the Specified Format. Articles Written in Indonesian., 25(1), 110–119. https://doi.org/10.53640/jemi.v25i1.1952

Terbitan

Bagian

Articles