THE INFLUENCE OF EXPERIENTIAL MARKETING ON CUSTOMER LOYALTY THROUGH CUSTOMER SATISFACTION AS A MEDIATING VARIABLE (A STUDY OF KOPI JANJI JIWA)
DOI:
https://doi.org/10.53640/jemi.v25i1.1952Kata Kunci:
Experiential Marketing, Kepuasan Konsumen, Loyalitas KonsumenAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah experiential marketing berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi pada Kopi Janji Jiwa. Penelitian berdasar dari sumber data kuesioner yang disebarkan kepada konsumen yang melakukan pembelian selama masa pandemi. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 175 responden. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS)-SEM melalui software SmartPLS 3.0. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling adalah teknik pemilihan sampel dari populasi yang telah ditentukan, dengan mempertimbangkan persyaratan tertentu setsuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel experiential marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu sense, feel, think, act, dan relate. Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Dan experiential marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan dimediasi kepuasan konsumen.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Genoveva, Nuffuz Fauziah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.