Pengaruh Ewom, Citra Merek Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Blibli Di Kota Batam

Penulis

  • Ayu Devi Lestari Universitas Putera Batam
  • Winda Evyanto Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.53640/jemi.v25i1.1828

Kata Kunci:

Citra Merek, Ewom, Kemudahan Penggunaan, Keputusan Pembelian

Abstrak

Kajian ini bertujuan mengeksplorasi dampak dari ewom, citra merek serta kemudahan penggunaan terhadap pengambilan keputusan pembelian di platform Blibli oleh konsumen di Kota Batam. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif. Responden yang menjadi subjek penelitian pengguna Blibli di Kota Batam pada tahun 2024 dengan total responden yang tidak diketahui. Penentuan sampel menggunakan rumus Lameshow yang dipilih melalui metode purposive sampling berbasis kriteria tertentu. Langkah-langkah analisis mencakup pengujian kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian mengungkap bahwa ewom berkontribusi sebesar 27,8% terhadap keputusan pembelian, citra merek memberikan andil sebesar 20,0%, dan kemudahan penggunaan menyumbang sebesar 21,9%. Koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa ketiga variabel ini secara bersamaan memengaruhi 76,0% dari keputusan pembelian konsumen, sementara sisanya ditentukan oleh elemen lain yang berada di luar cakupan penelitian ini. Pengujian statistik melalui uji t dan uji F mengonfirmasi adanya pengaruh positif yang signifikan dari ewom, citra merek serta kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-26

Cara Mengutip

Ayu Devi Lestari, & Winda Evyanto. (2025). Pengaruh Ewom, Citra Merek Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Blibli Di Kota Batam. JEMI Is Managed and Published by the Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Kutai Kartanegara University. Institutional Legality Is Reflected in the ISSN Number: 1411-9560 Published by LIPI in 2003 As a Manifestation of the Commitment of the Journal of Economics and Management to the Demands of Scientific Culture. Submit Your Best Paper to Be Published With the Indonesian Journal of Economics and Management. Authors Who Wish to Submit Articles to the Journal of Management Economics, Must Comply With the Writing Guidelines. If the Submitted Article Does Not Comply With the Writing Guidelines or Is Written in a Different Format, It Will Be REJECTED by the Editor before Further Review. Editors Only Accept Articles That Meet the Specified Format. Articles Written in Indonesian., 25(1), 80–92. https://doi.org/10.53640/jemi.v25i1.1828

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama