PENGARUH PROMOSI, REVIEW CUSTOMER DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FASHION TIKTOK SHOP DI BATAM

Penulis

  • Rizka Rahmadhannul Putri Universitas Putera Batam
  • Inda Sukati Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.53640/jemi.v24i2.1762

Kata Kunci:

Keputusan Pembelian, Persepsi Konsumen, Promosi, Review Customer

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak promosi, review customer, dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian produk fashion di TikTok Shop di Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengn jenis deskriptif. Populasi penelitian terdiri dari konsumen TikTok Shop yang membeli produk fashion di Batam pada tahun 2024, meskipun jumlah pastinya tidak diketahui. Sampel diambil menggunakan rumus Lameshow, yang menghasilkan 100 responden dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data melibatkan uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa promosi memberikan pengaruh 20,0% terhadap keputusan pembelian, review customer berpengaruh 42,8% terhadap keputusan pembelian, dan persepsi konsumen terhadap promosi berpengaruh 22,6% terhadap keputusan pembelian. Analisis koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa promosi, review customer, dan persepsi konsumen menjelaskan 76,6% keputusan pembelian. Uji t dan uji F mendukung kesimpulan bahwa promosi, review customer, dan persepsi konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, baik secara individual maupun bersamaan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-24

Cara Mengutip

Rizka Rahmadhannul Putri, & Inda Sukati. (2024). PENGARUH PROMOSI, REVIEW CUSTOMER DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FASHION TIKTOK SHOP DI BATAM. JEMI Is Managed and Published by the Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Kutai Kartanegara University. Institutional Legality Is Reflected in the ISSN Number: 1411-9560 Published by LIPI in 2003 As a Manifestation of the Commitment of the Journal of Economics and Management to the Demands of Scientific Culture. Submit Your Best Paper to Be Published With the Indonesian Journal of Economics and Management. Authors Who Wish to Submit Articles to the Journal of Management Economics, Must Comply With the Writing Guidelines. If the Submitted Article Does Not Comply With the Writing Guidelines or Is Written in a Different Format, It Will Be REJECTED by the Editor before Further Review. Editors Only Accept Articles That Meet the Specified Format. Articles Written in Indonesian., 24(2), 96–109. https://doi.org/10.53640/jemi.v24i2.1762

Terbitan

Bagian

Articles