Pengaruh Kualitas Jaringan, Direct Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Modem Orbit Di Telkomsel Batam

Penulis

  • Natalia Br Sembiring Universitas Putera Batam
  • Tiurniari Purba Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.53640/jemi.v24i2.1691

Kata Kunci:

Direct Marketing, Keputusan Pembelian, Kualitas Jaringan Kualitas Produk

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kualitas jaringan, direct marketing, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian modem Orbit di Telkomsel Batam. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif yang dipandukan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang diteliti terdiri dari 332 konsumen berdasarkan data jumlah konsumen yang menggunakan modem orbit Telkomsel Batam pada bulan Desember 2023. Teknik penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan menghasilkan 181 responden yang ditarik didasari simple random sampling. Metode analisis data menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Temuan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kualitas jaringan berkontribusi  sebesar 31,5% dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Direct marketing berkontribusi  sebesar 32,1% dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Kualitas produk berkontribusi  sebesar 16,2% dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Analisis koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kombinasi kualitas jaringan, direct marketing, dan kualitas produk sebesar 71,9%. Hasil uji t dan uji F mengungkapkan bahwa kualitas jaringan, direct marketing, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan dalam mempengaruh keputusan pembelian, baik secara parsial maupun simultan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-25

Cara Mengutip

Natalia Br Sembiring, & Tiurniari Purba. (2024). Pengaruh Kualitas Jaringan, Direct Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Modem Orbit Di Telkomsel Batam. JEMI Is Managed and Published by the Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Kutai Kartanegara University. Institutional Legality Is Reflected in the ISSN Number: 1411-9560 Published by LIPI in 2003 As a Manifestation of the Commitment of the Journal of Economics and Management to the Demands of Scientific Culture. Submit Your Best Paper to Be Published With the Indonesian Journal of Economics and Management. Authors Who Wish to Submit Articles to the Journal of Management Economics, Must Comply With the Writing Guidelines. If the Submitted Article Does Not Comply With the Writing Guidelines or Is Written in a Different Format, It Will Be REJECTED by the Editor before Further Review. Editors Only Accept Articles That Meet the Specified Format. Articles Written in Indonesian., 24(2), 55–67. https://doi.org/10.53640/jemi.v24i2.1691

Terbitan

Bagian

Articles