Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Keamanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Grab Di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.53640/jemi.v24i2.1690Keywords:
Citra Merek, Keamanan, Kemudahan Penggunaan, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan penggunaan, keamanan, dan citra merek terhadap keputusan pembelian layanan Grab di Kota Batam. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan populasi penggunaan aplikasi Grab di Kota Batam pada tahun 2024 yang tidak dapat diketahui secara pasti. Teknik penentuan sampel menggunakan rumus Lameshow dengan menghasilkan 100 responden yang ditarik dengan purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi linier berganda untuk melakukan uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis. Penelitian ini menemukan bahwa kemudahan penggunaan, keamanan, dan citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai t hitung untuk kemudahan penggunaan adalah 3,122 dengan signifikansi 0,002, untuk keamanan adalah 4,991 dengan signifikansi 0,000, dan untuk citra merek adalah 6,672 dengan signifikansi 0,000, semuanya melampaui nilai t tabel 1,984 dan berada di bawah ambang batas signifikansi 0,05, mendukung hipotesis H1, H2, dan H3. Selain itu, analisis simultan menunjukkan bahwa nilai f hitung 102,955 melampaui nilai f tabel 2,70 dengan signifikansi 0,000, mendukung hipotesis Ha bahwa kemudahan penggunaan, keamanan, dan citra merek secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adek Ali Azhar, Sunarto Wage
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.