PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK USIA DINI
Kata Kunci:
Orangtua, Anak Usia Dini, KomunikasiAbstrak
Anak usia dini memiliki masa golden age yang dapat dengan cepat merekam apapun yang ada di lingkungan anak. Pada masa ini anak peka/sensitif menerima berbagai rangsangan yang diberikan lingkungan. Komunikasi menjadi urgen dalam aktivitas kehidupan manusia sebab komunikasi merupakan salah satu bentuk pembelajaran. Oleh karenanya, sebagai orang tua sedari dini perlu mengoptimalkan kemampuan komunikasi anak agar saat memasuki masa usai sekolah anak mampu berkomunikasi dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode survei dan wawancara. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi anak dapat ditingkatkan dengan intensnya keterlibatan orang tua dalam membersamai anak.
Unduhan
Referensi
Ahla, A., Setyawan, D. A., & Siswanto, A. (2022). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Prasekolah di Raudhathul Athfal Bina Anaprasa Kota Banjarmasin Kalimantan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 13697–13706. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4655
Anggraini, N. (2021). Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9741
Arini, D. A. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Pada Mata PelajaranIPS Materi Peninggalan Sejarah Di Indonesia. Jurnal Tahsinia, 2(1), 110–124
Azizah, U. (2018). Keterlambatan Bicara dan Implikasinya dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 281–297.
Dewi, N. W. E. P., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(3), 261-271.
Gooden, C., & Kearns, J. (2013). The importance of communication skills in young children. Research Brief.
Harining, N. L. S & I Ketut P. S. (2023). Pola Komunikasi Orang Tua dalam Menekan Dampak Negatif Konten Short Video Media Online YouTube pada Anak Usia Dini. SADHARANANIKARANA: Jurnal Ilmiah Komunikasi Hindu. 5(1) 854-863.
Herawati, N & Sri Katoningsih. (2023). Kemampuan Bahasa Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 7 (2), 1685-1695
Languju, Mary C., A. Syaikhu, & Wahyuni N. (2021). Peningkatan Kemampuan
Komunikasi Verbal melalui Project Based Learning. SEMNARA, (74-82)
Maulidah, F., Suwatra, I. I. W., & Magta, M. (2018). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A Gugus VI. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(2), 189-198.
Otto, B. (2015). Perkembangan bahasa pada anak usia dini. Kencana.
Sukarno, Bedjo. (2021). Pentingnya Komunikasi Keluarga dalam Perkembangan Anak. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial, & Humaniora, 3(1), 1-9
Siyoto, Sandu & Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Kediri: Literasi Media Publishing
Triningsih, R. W., Aryani, H. R., & Mutoharoh, Q. (2022). Musik Sebagai Stimulasi Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini : Literature Review. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 11(1), 1. https://doi.org/10.31290/jpk.v11i1.2969
Usman, M. (2015). Perkembangan bahasa dalam bermain dan permainan:: untuk pendidikan anak usia dini. Deepublish.
Wiryanto. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi, (Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia), h.12.