UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI MEDIA KARTU AMPELAS (SANDPAPER NUMBER) DI PAUD INKLUSI KOTA SAMARINDA
Kata Kunci:
konsep bilangan, kartu ampelas, inklusiAbstrak
Pada penyelenggaraan pendidikan inklusif anak usia dini, guru perlu mempersiapkan strategi dalam belajar mengajar agar proses pembelajaran yang dilakukan berorientasi sesuai dengan minat kebutuhan serta kemampuan anak.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana metode Montessori dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan di PAUD Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), setiap siklusnya terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 4-7 tahun berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa datanya menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian hasil tes lisan siklus I, didapatkan masih banyak siswa yang belum tuntas, dibuktikan dengan jumlah siswa yang sudah tuntas sebanyak 5 siswa (41,3%) sedangkan 7 siswa (58,3%) belum mencapai tuntas. Pada hasil evaluasi belajar siklus II didapatkan masih ada 3 siswa yang mendapat skor berkategori belum tuntas atau berada di kategori belum berkembang dan masih berkembang yakni terdapat 25%, dan sisanya yakni 75% masuk kategori tuntas. Sehingga berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan dapat ditingkatkan melalui media kartu ampelas (sandpaper number) di PAUD Inklusi Kota Samarinda.
Unduhan
Referensi
APA. (2000). DSM V-TR (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders IV Text Revision). American Psychiantric Association Press.
Canrawati Dila. (2013). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta.
Crain, W. (2007). Teori Perkembangan. Konsep dan Aplikasi. Pustaka Belajar.
Dewi Ratih Rapisa. (2019). PROGRAM LATIHAN KOORDINASI SENSOMOTORIK BAGI ANAK USIA DINI DAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. CV BUDI UTAMA.
Diana Mutiah. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia DiNI. Kencana.
Dr. Amka, M. s. (2020). Efektivitas Guru Pendidikan Khusus (Gpk) Sekolah Inklusif (Cetakan 1). CV. Penerbit Anugrah Jaya.
Feez, S. (n.d.). Montessori and Early Childhood. Sage Publication. Gopal, V. (2001). Autisme Suatu Pengenalan. Jurnal Keningau BIL.3.
Hainstock, E. (1999). Teaching Montessori in The Home.Pre- School Years. Random House.
Hartati, S. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional.
Indriani. (2013). Penggunaan Media Kartu Bilangan untuk Meningkatkan. 12, 143– 152.
Maftuhatin, L., Kunci, K., Pembelajaran, E., Berkebutuhan Khusus, A., & Inklusif, K. (2014). Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Kelas Inklusif Di Sd Plus Darul ’Ulum Jombang. Jurnal Studi Islam Oktober, 5(2), 1978–306.
Montessori, M. (2012). The Montessori Method. FREDERICK A. STOKES COMPANY.
Muhktar. (2013). Mukhtar. (2013). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. GP Press Group.
Nurhayati. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bimbingan Mata Pelajaran IPA di Kelas III SD Inpres 1 Bainaa. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(10), 1–11.
Sri Muji Rahayu. (2013). Memenuhi Hak Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Inklusif. In Jurnal Pendidikan Anak: Vol. II (Issue 2, pp. 355–363).
Sudaryanti. (2006). Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. UNY Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. CV. AlFABETA.
Sutan, firmanawaty. (2003). Mahir Matematika melalui Permainan. puspa swara. Suyanto S. (2005). Dasar -Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Hijayat Publishing.
Yosfan, A. (2005). Mengenal dan membantu penyandang autisme. Departemen Pendidikan Nasional Dridjen Dikti.
Yus A. (2005). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Departemen Pendidikan Nasional.
Zainal Aqib. (2014). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). yrama widya.
Zaitun. (2019). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. In Early Childhood Education (Vol. 148, pp. 148–162).