PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA BAGIAN KESEJAHTERAAN SOSIAL SETKAB KABUPATEN KUTAI BARAT

Penulis

  • Paulus Kutai Kartanegara Tenggarong University , Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Ida Bagus Made Agung Dwijatenaya , Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Musmuliadi , Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong

DOI:

https://doi.org/10.53640/jimap.v2i2.1469

Kata Kunci:

Budaya Organisasi, Kualitas Pelayanan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan desain penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan terdiri atas analisis deskriptif, analisis statistik inferensial dan regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai di kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Barat yang berjumlah 149 orang maka sampel yang digunakan sebanyak 108. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan Publik Pada Bagian Kesejeahteraan Sosial sekretariat daerah kabupaten Kutai Barat ada pada kategori baik sesuai dengan hasil penelitian di lapangan yang didasarkan pada 8 indikator yang menjadi fokus penelitan peneliti yaitu 1) Inisiatif Individual, 2) Pengarahan, 3)Integrasi, 4) Dukungan Dari Manajemen, 5) Pola-Pola Komunikasi, 6) Toleransi Terhadap Konflik, 7) Kontrol, dan   8) Sistem Imbalan. Berdasarkan hasil penelitian dari 8 indikator, menunjukkan hasil regresi linier Y= 23,8+0,383X dengan demikian budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan Publik Pada Bagian Kesejeahteraan Sosial sekretariat daerah Kabupaten Kutai Barat. Saran pegawai di kantor sekretariat daerah Kabupaten Kutai Barat agar kiranya dapat disiplin dalam melaksanakan pekerjaannya supaya pekerjaan yang menjadi tanggung jawab pegawai dapat terorganisir dengan baik.

Biografi Penulis

  • Paulus, Kutai Kartanegara Tenggarong University, Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong

    Program Pascasarjana, Magister Administrasi Publik (MAP)

Referensi

Bungin, Burhan. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Janet, et al. 2013. Pelayanan Publik Baru: dari manajemen streering ke serving. Bantul: Kreasi Wacana.

Kusdi. 2011. Budaya Organisasi : Teori, Penelitian, Dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2008. Perilaku dan budaya organisasi. Bandung: Refika aditama.

Nawawi, Ismail. 2013. Budaya Organisasi Kepemimpinan & Kinerja: Proses Terbentuk,Tumbuh Kembang, Dinamika, dan Kinerja Organisasi. Jakarta: Kencana.

Ndraha, Taliziduhu. 2005. Teori Budaya Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Prasetyo, Bambang; dan Jannah, Lina Miftahul. 2013. Metode penelitian kuantitatif: teori dan aplikasi. Jakarta: Rajawali press.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2010. Budaya Organisasi Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Wibowo. 2016. Budaya Organisasi: Sebuah Kebutuhan Untuk Meningktakan Kinerja Jangka Panjang. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta

: rineka cipta.

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 Pasal 1 tentang Pelayanan Publik

Peraturan Pemeritah Nomor 42 Tahun 2004 tentang kode etik pegawai negeri sipil

Agusriadi. 2016. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai pada Kantor Kecamatan TanjungPinang Timur Kota TanjungPinang. Skripsi tidak diterbitkan.TanjungPinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Erna Dora Siregar. 2009. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (studi tentang pelayanan STNK di kantor bersama samsat pematang siantar. Skripsi tidak diterbitkan. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Meira Nugrahani K. D. 2010. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Probolinggo. Skripsi tidak diterbitkan. Probolinggo: Universitas Jember.

Ejurnal Administrasi Reform, Volume 2, Nomor 2, 2014: 1226-1237 pada tanggal 24 Januari 2017 pada pukul 12: 10 WITA

Jurnal Ilmu Politik Dan Pemerintahan Lokal, Volume I Edisi 2 , Juli-Desember 2012 Pada tanggal 24 Januari 2017 pada pukul 12:01 WITA

Petrussamo. “pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan”. 31 Desember 2016. http://petrussamo.wordpress.com/2013/03/07/

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-31

Terbitan

Bagian

Articles