PENGARUH DIGITAL MARKETING, CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING, DAN DIRECT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CAMILLE BEAUTY DI KOTA BATAM

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.53640/jemi.v24i2.1759

Kata Kunci:

Customer Relationship Marketing, Digital Marketing, Direct Marketing, Keputusan Pembelian

Abstrak

Di tengah persaingan bisnis yang semakin kompetitif, penerapan strategi pemasaran yang tepat menjadi elemen penting untuk menarik perhatian konsumen dan mendorong keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh digital marketing, customer relationship marketing, dan direct marketing terhadap keputusan pembelian produk Camille Beauty di Kota Batam. Menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan populasi pengguna Camille Beauty di Kota Batam pada tahun 2024 yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Penentuan sampel dilakukan dengan rumus Jacob Cohen, menghasilkan 204 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data mencakup uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis. Hasil uji t menunjukkan bahwa digital marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, customer relationship marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian serta direct marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F memperkuat simpulan bahwa digital marketing, customer relationship marketing, dan direct marketing berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-24

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama