PENGARUH PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH DI KELURAHAN BARU KECAMATAN TENGGARONG

Authors

  • Muhammad Rivaldy Anshory Kutai Kartanegara University
  • Yusri Yusri Unikarta
  • Novira Cahya Wulan Sari Unikarta

DOI:

https://doi.org/10.53640/mahakam.v9i1.987

Keywords:

Partisipasi, Masyarakat, Pengelolaan Sampah

Abstract

Saat ini sampah menjadi persoalan serius terutama bagi daerah perkotaaan sebagai daerah dengan tingkat kepadatan yang tinggi dan jumlah konsentrasi sampah yang besar. Terdapat Peraturan yang secara khusus mengatur pengelolaan sampah, yaitu berdasarkan peraturan Bupati Kutai Kartanegra Nomor 27 Tahun 2019 tentang kebijakan dan strategi daerah dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga. Khusus dalam pengelolaan sampah, sampai saat ini peran serta masyarakat secara umum hanya sebatas pembuangan saja, belum sampai pada tahap pengelolaan yang dapat bermanfaat kembali. Kondisi ini mencerminkan bahwa kesadaran masyarakat terhadap penanganan sampah masih rendah, masyarakat belum menganggap sampah sebagai suatu sumber daya, masyarakat belum terinformasikan tentang berbagai peraturan atau pedoman dalam pengelolaan sampah, pemerintah cenderung menjadikan masyarakat sebagai objek dalam pembangunan sehingga pemerintah kurang mengikutsertakan masyarakat dalam proses pengelolaan sampah. Sebaiknya pemerintah menjadikan masyarakat sebagai subjek dalam pembangunan dalam hal perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan.  

Penelitian ini ingin mengkaji lebih dalam tentang partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah di kelurahan baru kecamatan tenggarong. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan model penelitian assosiatif, yaitu ingin melihat hubungan antara dua variable yaitu variable partisipasi masyarakat dan pengelolaan sampah.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai persamaan regresi variabel independen terhadap variabel dependen diperoleh hubungan yang positif diantara variabel independen terhadap variabel dependen. Dan hasil perhitungan uji t dapat diketahui secara jelas bahwa nilai nilai t hitung lebih besar daripada t tabel maka hasilnya adalah Ho ditolak dengan demikian Partisipasi Masyarakat berpengaruh terhadap Pengelolaan Sampah diterima.

Downloads

Published

2022-04-15