STRATEGI KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PELAKSANAAN TUGAS DAN FUNGSI PERANGKAT DESA : STUDI DI DESA MUARA WAHAU

Authors

  • Darma Riswanto Unikarta
  • Eklesia Hendra Pratama Unikarta
  • Suroto Suroto Unikarta

DOI:

https://doi.org/10.53640/mahakam.v9i1.985

Keywords:

Strategi, Kepala Desa, Aparatur Desa

Abstract

Berdasarkan arahan yang tertera dalam Undang-Undang tentang Desa, Kepala Desa harus memahami kondisi desanya agar dalam pelaksanaan Pembangunan Desa sesuai arahan Undang-Undang tentang Desa. Oleh karena itu, Kepala Desa harus memiliki strategi dalam menjadikan perangkat desanya berkualitas, agar dalam pelaksanaan seluruh kegiatan pembangunan desa dapat berjalan sesuai apa yang di harapkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Kepala Desa Muara Wahau dalam meningkatkan kemampuan pelaksanaan tugas dan fungsi perangkat desa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif.

Hasil Penelitian menunjukkan strategi kepala desa dalam meningkatkan kemampuan pelaksanaan tugas dan fungsi perangkat desa di Desa Muara Wahau berjalan cukup baik. Berdasarkan analisis SWOT dapat disimpulkan bahwa dalam kerangka strategi keseluruhan, strategi dasar yang dapat direncanakan adalah menggunakan kesempatan sebaik-baiknya. Strategi kepala desa dalam meningkatkan kemampuan pelaksanaan tugas dan fungsi perangkat memiliki kekuatan yang dominan dibanding kelemahannya dan peluang yang lebih besar dibanding ancamannya dan berdasarkan Matrix Grand Strategy terlihat posisi strategi kepala desa dalam meningkatkan kemampuan pelaksanaan tugas dan fungsi perangkat desa berada di posisi Strategi Pertumbuhan, yaitu memanfaatkan seoptimal mungkin kekuatan dan peluang yang dimiliki.

Downloads

Published

2020-08-28