Kekayaaan Bahan Baku Jamu

Authors

  • Sri Astuti

Abstract

Indonesia memiliki kekayaan alam berupa tumbuhan-tumbuhan yang   berjumlah   kira-kira 30.000 spesies tanaman berbunga, merupakan nomor tiga   terbesar di dunia seperti Brasil dan Zaire, diantaranya 7.000 spesies berkhasiat obat, 940 jenis telah teridentifikasi, 283 jenis terdaftar sebagai bahan baku obat yang rutin digunakan industri obat tradisional. Bangsa Indonesia sangat kaya akan ilmu   perawatan kesehataan, kebugaran dan kecantikan dengan bahan alami (jamu). Sayangnya, penelitian khasiat obat dari bahan asli Indonesia saat ini masih terbatas. Akibatnya, potensi tanaman obat yang demikian besar di tanah air belum tergali maksimal.

            Maraknya obat-obatan tradisional asing yang masuk ke Indonesia seperti Amerika , China dan Malaysia membuat persaingan menjadi lebih kentara, terlebih      di era perdagangan bebas. Data nilai Impor tahun 2011 menunjukkan bahwa       Amerika adalah pemasok obat tradisional dan herbal yang terbesar pertama dengan   nilai impor tercatat USS 19,13 juta, kemudian diikuti oleh Malaysia dengan nilai    impor sebesar USS 7,09 juta.

            Kearifan budaya dalam memanfaatkan jamu berkaitan erat pula dengan upaya pelestarian lingkungan hidup. Karena tanaman yang menjadi bahan baku jamu adalah tanaman obat yang pemanfaatannya berwawasan pelestarian budaya dan lingkungan hidup. Dengan demikian, pemanfaatan tanaman jamu atau tanaman obat dapat    berperan dalam upaya pelestarian lingkungan untuk mengurangi efek pemanasan   global yang melanda dunia akhir-akhir ini.

            Keanekaragaman hayati dalam ramuan jamu memberikan keanekaragaman struktur senyawa kimia yang terkandung di dalamnya. Hal ini berkaitan dengan keanekaragaman aktivitas farmakologinya. Hal tersebut merupakan tantangan besar bagi para ilmuwan untuk mengungkap cara kerja jamu dalam meningkatkan    kesehatan, penyembuhan penyakit ataupun sebagai bahan kosmetik alami. Dengan adanya penelitian yang intensif diharapkan dapat muncul terobosan dalam dunia kesehatan dan kecantikan menggunakan jamu. Sebagai warisan leluhur, jamu merupakan aset Nasional yang potensial bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan, dikembangkan dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

Keyword: Jamu, Obat-obatan, Tradisional

References

Buletin Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Vol.2 No.2 Tahun 2001: 61-77.

Jamu Brand Indonesia. Direktorat Pengembangan Usaha dan Investasi. Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian. Kementerian Pertanian Tahun 2012.

Sumarsono dan Sudiarto. 2000. Hutan dan Kebun Sebagai Sumber Obat Nasional. Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan dan Perkebunan.

Published

2017-02-23

Issue

Section

Articles