PENINGKATAN KAPASITAS RUKUN TETANGGA TERHADAP KETERCAPAIAN SDGs DESA BIDANG PENDIDIKAN

Authors

  • Fitria Meisarah

Keywords:

Neighborhood, Association, education, literacy, SDGs

Abstract

Focusing on literacy in the Education Care Village target to achieve the Sustainable Development Goals (SDGs), the role of the Neighborhood Association is significant in regional development. International evaluations from UNESCO, Central Connecticut State University, and PISA reflect the low literacy level in Indonesia, especially in reading and writing. Low literacy is caused by limited access to education and the need for facilities such as village libraries. Various national and regional regulations have been implemented to increase literacy. The Neighborhood Association-Based Development Program in the Regional Government Regulation concerning Special Financial Assistance for Villages and university-village collaboration are important steps in overcoming educational challenges in villages and strengthening the role of Neighborhood Association in advancing literacy and local education in community development and empowerment.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bupati Kutai Kartanegara. (2021). Peraturan Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara Nomor 63 Tahun 2021 tentang Bantuan Keuangan Khusus kepada Desa. Berita Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2021 Nomor 63. Sekretariat Daerah. Kabupaten Kutai Kartanegara.

Central Connecticut State University. (2016). World’s Most Literate Nations Ranked. https://www.ccsu.edu/wmln/rank

Devega, E. (2017). Teknologi Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas- baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media

Direktorat Sekolah Dasar Dirjen Dikdasmen Kemendikbud. (2021). Yuk Mengenal 6 Literasi Dasar Yang Harus Kita Ketahui dan Miliki. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/yuk-mengenal-6-literasi-dasar-yang-harus- kita-ketahui-dan-miliki

Ginting, E. S. (2020). Penguatan Literasi di Era Digital. FBS Unimed Press, 35–38.

Indonesia. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 129, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4774. Sekretariat Negara. Indonesia.

Indonesia. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 7 Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5495. Sekretariat Negara. Indonesia.

Jendela Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Pentingnya Menghidupkan Kembali Tripusat Pendidikan di Lingkungan Sekolah. https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/fokus/detail/pentingnya-menghidupkan-kembali-tripusat-pendidikan-di-lingkungan-sekolah

Kemenristekdikti. (2020). Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/

Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (n.d.). 4. Pendidikan Berkualitas Menjamin Kualitas Pendidikan yang Inklusif dan Merata serta Meningkatkan Kesempatan Belajar Sepanjang Hayat untuk Semua. Sekretariat Nasional SDGS. https://sdgs.bappenas.go.id/tujuan-4/

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. (2023). Profil Desa Tanjung Batuq Harapan, Kecamatan Muara Muntai Kabupaten Kutai Kartanegara. https://sid.kemendesa.go.id/profile

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Laporan PISA 2018. https://repositori.kemdikbud.go.id/16742/1/Laporan20Nasional20PISA20201820Indonesia.pdf

Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Timur. (2019). Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2019-2023.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2020). Peraturan Perpustakaan Nasional Nomor 7 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Perpustakaan Nasional 2020-2024.

Pratama, R. D., Raji, A., Lubis, H. U., & Suyatna, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Rumah Literasi Kreatif di Kabupaten Kutai Kartanegara. Journal of Social Development Studies, 2(2), 30–42. https://doi.org/10.22146/jsds.1915

Program Studi Arsitektur Universitas Tarumanagara. (2021). Studi Potensi Pengembangan Ekonomi Wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Purwati, S. (2018). Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca dan Menghafal Surah Pendek. 4(1).

Rahmawati, R. (2020). Komunitas Baca Rumah Luwu Sebagai Inovasi Sosial Untuk Meningkatkan Minat Baca Di Kabupaten Luwu. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(4), 158–168.

Sevima, F. (2020). Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip.

Downloads

Published

2023-08-23

Issue

Section

Articles