KINERJA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DALAM PENGENDALIAN PEDAGANG KAKI LIMA DI KOTA TENGGARONG

Authors

  • Katmiran Universitas Kutai Kartanegara

Abstract

Mengenai kinerja Satuan Polisi Pamong Praja dalam Pengendalian Pedagang Kaki Lima di Kota Tenggarong, yang selama ini telah dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Pencegahan, upaya-upaya pencegahan yang telah dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) meliputi sosialisasi - sosialisasi secara langsung ke Pedagang Kaki Lima yang terkena razia agar tidak berdagang yang bukan kawasannya (trotoar, pinggir jalan maupun di dalam gang). Selain im, untuk meneegah semakin maraknya Pedagang Kaki Lima yang berjualan, maka diadakan Penetapan tempat/lokasi khusus, yaitu lokasi tempat usaha bagi pan Pedagang Kaki Lima memegang peranan yang cukup panting;
  2. Penanggulangan, upaya-upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan penanggulangan yakni Penertiban dan Pemindahan tempat-tempat yang dilarang berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara yang berlaku serta penghapusan lokasi pedagang kaki lima dengan memperhatikan kepentingan umum, sosial, estetilca, kesehatan, ekonomi, keamanan, ketertiban, kebersihan lingkungan dan sesuai dengan peraturan penmdang-undangan;
  3. Koordinasi dengan informan, agar pelaksanaan pengendalian pedagang kaki lima yang tersebar di Kota Tenggarong tersebut betjalan dengan aman, tertib dan teratur maka Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan komunikasi dengan informan agar menginformasikan PKL-PKL yang nakal atau tidak mematuhi aturan yang ada dengan menjalankan usahanya diluar fasilitas yang telah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kananegara.

Hambatan-hambatan yang dihadapi Satuan Polisi Pamong Praja dalam Pengendalian Pedagang Kaki Lima di Kota Tenggarong, meliputi : bocomya informasi mengenai razia Pedagang Kaki Lima (PKL), belum jelasnya tata man perkotaan, belum tegasnya kebijakan dan minimnya kesadaran para Pedagang Kaki Lima (PKL). Keberadaan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memang sangat dibutuhkan ditengah-tengah masyarakat, dan itupun menimbulkan hal-hal yang positif.

Kata Kunci: Kinerja , Polisi Pamong Praja

 

Downloads

Published

2023-02-14

Issue

Section

Articles