PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI UPT DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN SEBULU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Authors

  • Darwin Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Yonathan Palinggi Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong
  • Agustinus Djiu Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong

DOI:

https://doi.org/10.53640/jimap.v1i2.1119

Keywords:

motivasi kerja, lingkungan kerja, kinerja pegawai UPT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Rancangan penelitian menggunakan rancangan penelitian kuantitatif pendekatan statistik inferensial. Populasi penelitian ini berjumlah 22 orang.  Metode sampel menggunakan metode sampel jenuh.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikan sebesar 0,134 yang lebih besar dari nilai signifikan 0,05 dan nilai t hitung sebesar 1,565 yang lebih kecil dari nilai t tabel sebesar 2,093. Lingkungan kerja mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara.  Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,003 yang lebih kecil dari nilai signifikan 0,05 dan nilai t hitung sebesar 3,384 yang lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,093. Sedangkan secara simultan motivasi kerja dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Hal ini dibuktikan oleh nilai signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 dan nilai F hitung sebesar 26,038 lebih besar dari nilai F tabel sebesar 3,493. Nilai koefisien determinasi yang terdapat pada nilai adjusted R square sebesar 0,705 artinya kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan wariabel terikat sebesar 70,5 persen sisannya 295 persen dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model analisis.

References

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Akbar, A., Irawan, H., Ansar, A., & Dahlan, S. S. (2022). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Perdagangan Kota Makassar. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(1), 1-20.

Busro, M. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Fahmi, Irham. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta

Hartatik, Indah Puji. (2018), Buku Praktis Mengembangkan SDM, Cetakan Pertama, Jogjakarta: Laksana.

Mangkunegara, Anwar Prabu (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Rosda

Noer, R. N., Rachmawati, I., & Basori, Y. F. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Billing Manajemen di PT. Haleyora Power Ulp Sukabumi Kota. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(2), 323-332.

Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Refika Aditama.

Sinambela, Lijan Poltak. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sriharmiati, L., Meirinda, I., Islawati, D., Karlina, L. D., Hijriandani, T., Cahyana, R., & Nugraho, J. T. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kecamatan Magelang Utara. JMAN jurnal mahasiswa Administrasi negara, 2(2), 1-9.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Sulastri, N., & Hartati, C. S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 8 Kota Probolinggo. MAP (Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik), 3(3), 394-406.

Downloads

Published

2022-11-30

Issue

Section

Articles