Kajian Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Tambang Batubara terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat pada PT Baramulti Suksessarana

Authors

  • Muhammad Ridwan Universitas Kutai Kartanegara
  • Sundoyo Universitas Kutai Kartanegara

Abstract

ABSTRAK

Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui mekanisme pelaksanaan kegiatan Rencana Induk Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat di sekitar Kegiatan penambangan Batubara..

Tujuan penelitian adalah dengan mengambil data primer dan sekunder yang telah dilakukan untuk mengukur tingkat pendapatan masyarakat dengan hasil Pendapatan ekonomi masyarakat mengalami kenaikan dari sebelum adanya tambang dan setelah adanya tambang, dari data yang di kumpulkan oleh peneliti melalui focus group discussions (FGD) serta penyebaran kuesioner kepada masyarakat binaan PT. Bara Multi Suksessarana tercatat pendapatan masyarakat sebelum adanya tambang dari yang terendah sampai tertinggi berkisar Rp. 1.000.000 – 5.000.000 /rumah tangga /bulan. Pendapatan masyarakat setelah adanya tambang  dari yang terendah sampai yang tertinggi berkisar Rp. 2.000.000 – 6.500.000 /rumah tangga /bulan dengan rata – rata pendapatan berkisar Rp. 3.875.000 /rumah tangga /bulan. Jika dilihat kenaikan rata - rata pendapatan dari sebelum ada tambang dan setelah adanya tambang berkisar Rp. 850.000 /rumah tangga /bulan.

 

Kata Kunci : Batubara, pemberdayaan masyarakat, pengembangan

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2021-09-30

Issue

Section

Jurnal Geologi Pertambangan