PENGOLAHAN DATA MONTHLY PROGRESS DAN MONTHLY DESIGN DI PT. KTC COAL MINING & ENERGY JOBSITE PT. BERKAT BUMI PERSADA DESA LEMO KAB. BARITO UTARA

Authors

  • Juli Chandra Teruna Politeknik Muara Teweh

DOI:

https://doi.org/10.53640/jgp.v2i22.330

Keywords:

Minescape, Monthly Progress, Monthly design, Surface to Surface, Bench Spec

Abstract

Pengolahan data monthly progress dan monthly design merupakan tahapan penting dalam penambangan batubara dimana tujuan dari kedua kegiatan tersebut adalah untuk memantau dan mengarahkan kegiatan penambangan agar sesuai dengan hasil yang diinginkan. Adapun data utama yang digunakan untuk pengolahan data monthly progress dan monthly design adalah data koordinat yang kemudian diolah menjadi peta topografi. Pada penelitian ini pengambilan data lapangan menggunakan alat Total Station Nikon Nivo series 2.C di lokasi Pit 1 PT. KTC Coal Mining & Energy dimana pada lokasi tersebut memiliki multi seam batubara yaitu seam 6 sampai seam 12, pengolahan data ini menggunakan software Minescape 4.119 untuk perhitungan volume galian dan pembuatan monthly design dengan metode penghitungan menggunakan metode surface to surface dengan data progress bulan Pebruari sebagai batas atas penghitungan dan data progress bulan Maret sebagai batas bawah.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil volume galian overburden/interburden adalah 1.075.000 BCM serta didapatkan simulasi monthly design bulan April 2017 dengan target produksi sebesar 1.037.931 BCM.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Juli Chandra Teruna, Politeknik Muara Teweh

Program Studi Teknik Pertambangan, Politeknik Muara Teweh

References

______________ , 2009. Total Station Nivo Series Manual Instruction. Terjemahan, Tokyo: Nikon-Trimble co, ltd.

______________ , 2011. Bahan Ajar On The Job Training Penggunaan Total Station. Jakarta: Direktorat Pengukuran Dasar BPN RI.

______________ , 2017. Buku Pedoman Tugas Akhir (TA). Muara Teweh: Yayasan Pendidikan Panglima Batur Politeknik Muara Teweh.

Awang Suwandhi, 2004. Diktat Perencanaan Tambang Terbuka, Bandung: Unisba.

Harman HL, 2009. Survey Topografi Tambang. Yogyakarta : UPN

Yanto Indonesianto, 2009. Pemindahan Tanah Mekanis. Yogyakarta : UPN

Downloads

Published

2017-11-23

Issue

Section

Jurnal Geologi Pertambangan