Kajian geokimia Air asam Tambang Desa Manjelutung Kecamatan Sesayap Kalimantan Utara

Authors

  • Evy Kurniawan Universitas Kutai Kartanegara

DOI:

https://doi.org/10.53640/jgp.v29i2.1370

Abstract

ABSTRAK

            Kajian Geokimia ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran, karaketerisitik serta penyebaran sifat potensi keasamanan material batuan-batuan penutup di area Pit.

Beberapa tahapan pekerjaan yang dilakukan dalam kajian ini meliputi pemboran full coring, penyampelan batuan untuk uji NAG, pengujian laboratorium,  penarisan serta penentuan estimasi prosentasi material bersifat PAF dan NAF.

Berdasarkan tinjauan Geologi, maka formasi regional di area daerah penelitian adalah berupa Formasi Tabul berumur Miosen. Adapun secara lokal maka litologi penyusun di area daerah penelitian terdiri dari perulangan perlapisan batulempung dan batupasir dengan sisipan batulanau dan batubara.

            Total lubang bor yang digunakan dalam kajian ini berjumlah 4 lubang, yaitu GT-09 dan GT-04 di sisi selatan, serta GT-01 dan GT-05 di sisi Utara.

Metode penyampelan untuk uji NAG adalah berupa komposit dengan total sampel berjumlah 12 sampel, mewakili semua variasi batuan yaitu claystone, sandstone dan siltstone serta berasal dari semua zona batuan penutup dari overburden seam J1 sampai underburden seam E2. Penentuan sifat keasaman batuan dilakukan berdasarkan uji NAG dengan menggunakan SNI 13-7170-2006.

            Berdasarkan karakter keasaman dari setiap lapisan batuan tersebut, maka didapatkan bahwa material PAF memiliki prosentase  90%, sedangkan material bersifat NAF memiliki prosentase sebesar 10%.

            Untuk menjaga tidak terjadinya air asam tambang adalah dengan melakukan enkapsulasi, yaitu dengan cara sekuen penimbunan material batuan penutup dengan memisahkan antara batuan berpotensi PAF dengan batuan berkarakter NAF.

 

Kata Kunci: Air asam tambang, PAF/NAF, Enkapsulasi, AAT, NAG

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2023-08-23

Issue

Section

Jurnal Geologi Pertambangan