Analisa Variasi Litologi Kegiatan Pemboran Batubara Metode Touch Core Di PT. Nata Energi Site PT. Perkasa Energy

Authors

  • Erick Opuyu Universitas Kutai Kartanegara
  • Sundoyo Universitas Kutai Kartanegara

DOI:

https://doi.org/10.53640/jgp.v29i1.1177

Abstract

Kegiatan eksplorasi salah satunya adalah melakukan pemboran dalam rencana kegiatan penambangan sangat penting untuk dilakukan. Kegiatan tersebut mempunyai tujuan Menggunakan jenis alat bor dan bagaimana metodenya. Melakukan deskripsi litologi dan preparasi sampel batuan daerah penelitian

dan mengetahui variasi litologi daerah penelitian

Pengambilan data dilakukan dengan melakukan berbagai kegiatan baik sebelum atau sesudah penelitian. Melakukan Studi literatur, observasi ke lapangan dan pengambilan data primer dan sekunder.

Hasil dari kegiatan penelitian ini didapatkan informasi kegiatan Pemboran dalam kegiatan penelitian eksplorasi didapatkan 5 titik. Menggunakan metode touch core dan open hole. Alat bor yang dipakai adalah type jacro 175 dengan kedalaman bervariasi antara 15 m – 30 m. Memperoleh hasil informasi terdapat  beberapa litologi dan mendapat sample Coal (corring) di pengeboran eksplorasi. Deskripsi litologi dan preparasi sampel batuan daerah penelitian menggunakan Deskripsi batuan sedimen dan preparasi sampel di lakukan dengan menggukan core Box.Hasil deskripsi yang di layoutkan dalam logplot didapatkan variasi litologi daerah penelitian terdiri dari soil, claystone, Carbonaseus clay, coal.

 

 

Kata Kunci: Pemboran eksplorasi, Touch core, Open Hole, Open pit, Penambangan

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2023-02-10

Issue

Section

Jurnal Geologi Pertambangan