Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bali Komputer Di Tenggarong

Authors

  • Syahruddin Syahruddin Universitas Kutai Kartanegara

DOI:

https://doi.org/10.53640/jemi.v16i2.732

Abstract

Abstract :

Computer Bali is a business of selling laptops, computers and computer parts in the city Tenggarong addressed in Jalan Danau Aji No: 41 RT.8 Malay Village Tenggarong District with the owner named Agus Alwardana S.Pd. In an effort to improve customer satisfaction the steps taken is to maximize the quality of service to consumers with the maximum number of employees Discussion on simultaneous hypothesis is proven that the quality of service in Bali Computer in Tenggarong a significant effect on the level of consumer satisfaction. These results have hinted that the dimensions of quality of service consisting of reliability, responsiveness, assurance, empathy and tangible can not be separated separately so that the necessary harmony between the five variables in order to maintain and improve customer satisfaction Bali Computer in Tenggarong better. thus the hypothesis that the variable service quality has a significant influence on customer satisfaction in Bali Computer Tenggarong accepted and proven true Discussion of the hypotheses that have been proposed that partially proved the hypothesis was accepted as a whole because each variable can influence consumer satisfaction in Bali Computer Tenggarong. Individually variable five variables consisting of reliability, responsiveness, assurance, and tangible empahty have a significant influence on the increase in customer satisfaction. it is thus suspected of variable reliability that have the most dominant effect on customer satisfaction in Bali Computer in Tenggarong rejected and unsubstantiated.

Keywords: Service, Satisfaction

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari, 2005, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi, Cetakan Keempat, Alafabeta, Bandung.

Achmad Fazrianur, (2014), “judul skripsi “Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Pembangunan Daerah Cabang Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara”. Skripsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara.

Amin Widjaja Tunggal.2007. Audit Manajemen pemasaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Alexander Sindoro., 2007, Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi ketujuh, Jilid 2, dialihbahasakan, Jakarta: Prenhallindo.

Bob Sabran,. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 jilid 1 dan 2, penerbit Erlangga

Chandra, Filicia. 2001, Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen terhadap Tingkat Penjualan di Warung Bu Kris (Studi Kasus pada Ayam Penyet sebagai Menu Unggulan Warung Bu Kris), Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 3, no. 2, September 2001, p. 85 – 95.

Fandy Tjiptono, 2005. Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia Publishing

Fandy Tjiptono, 2007, Strategi Pemasaran Edisi ke dua, penerbit Andi, Yogyakarta.

Fandy Tjiptono, 2008, Strategi Bisnis Pemasaran. Andi. Yogyakarta.

Gitosudarmo & Sudita. (2000). Perilaku Keorganisasian, Edisi Pertama. Jogjakarta: Erlangga.

Hani Handoko, 1997; Dasar-dasar Manajement Produksi dan Operasi, edisi 1, cetakan 13, Jakarta.

Hasibuan, Malayu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung,

Husein Umar, 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Salemba Empat

Husein.Umar, 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Irawan, Handi, 2004. Kepuasan Konsumen, PT Gramedia Pustaka, Jakarta.

Irawan. Handi. 2006. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua. Yogyakarta: Liberty

Irawan, Handi 2007, 10 Prinsip Kepuasan Konsumen, PT.Alex Media Komputindo, Jakarta.

Jelita Rachmah, 2013, “ Pengaruh Faktor-faktor Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Mangkurawang Kecamatan Tenggarong”, Skripsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara.

Kasmir, (2004). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada

Kartajaya, H 2007. Hermawan kartajaya on Segmentation, Bandung : PT. Mizan Pustaka.

Kotler, Philip, 2000, Manajemen Pemasaran, PT. Prenhallindo, Jakarta

Lupiyoadi, Rambat, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Mursid, M. 2007. Manajemen Pemasaran. Cetakan ke Empat. Jakarta; PT. Bumi Aksara.

Muhammad Husni, (2011), “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Resort Hotel Pulau Kumala di Tenggarong”. Skripsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong.

M. Nasution, 2005, “Total Quality Management”, PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Rismiati, E catur dan I.G. Bondan Suratno. 2001. Pema-saran Barang dan Jasa. Yogyakarta: Kanisius

Sukanto Reksohadiprodjo. 2002, Organisasi Perusahaan-Perusahaan: Teori Struktur dan Perilaku, Yogyakarta: BPFE.

Sinambela, Lijan Poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: PT. BumiAksara.

Sianipar, J.P.G. 2001. Teknik-teknik Analisis Manajemen Pemasaran. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara-Republik Indonesia

Swastha, Basu, dan Handoko, Hani, 2006, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta, Liberty

Simamora, Bilson, 2001, Memenangkan Pasardengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, Edisi Pertama, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono, 2005, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitia. Bandung : Alfabetis.

Sutarto, 2002, Dasar-Dasar Organisasi, Cetakan Ke-18, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Downloads

Published

2016-12-04

How to Cite

Syahruddin, S. (2016). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bali Komputer Di Tenggarong. Jurnal Ekonomi &Amp; Manajemen Indonesia, 16(2). https://doi.org/10.53640/jemi.v16i2.732

Issue

Section

Articles