Pengaruh Periklanan, Word Of Mouth Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Bening’s Di Batam

Authors

  • Monica Putri Universitas Putera Batam
  • Nora Pitri Nainggolan Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.53640/jemi.v25i1.1874

Keywords:

Keputusan Pembelian, Periklanan, Personal Selling, Word Of Mouth

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh periklanan, word of mouth, dan personal selling terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk perawatan kulit Bening’s di Batam. Penelitian ini mengadopsi metode kuantitatif dengan desain deskriptif, berfokus pada konsumen produk Bening’s di Batam pada tahun 2024 dengan jumlah populasi 650 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling menggunakan rumus Slovin dengan jumlah 100 respoden, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Proses analisis melibatkan pemeriksaan kualitas data, pengujian asumsi klasik, uji pengaruh, serta uji hipotesis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa periklanan memberikan kontribusi sebesar 44,0%, word of mouth 23,3%, dan personal selling 70,0% terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut secara kolektif memengaruhi 84,7% dari keputusan pembelian, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tak terjamah oleh studi ini. Pengujian statistik dengan uji t dan uji F mengonfirmasi adanya dampak positif dan signifikan dari periklanan, word of mouth dan personal selling terhadap keputusan pembelian produk

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-06-15

How to Cite

Monica Putri, & Nora Pitri Nainggolan. (2025). Pengaruh Periklanan, Word Of Mouth Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Bening’s Di Batam. Jurnal Ekonomi &Amp; Manajemen Indonesia, 25(1), 1–13. https://doi.org/10.53640/jemi.v25i1.1874

Issue

Section

Articles