Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Kepuasan Konsumen, Terhadap Keputusan Pembelian Skincare The Originote Di Kota Batam

Authors

  • Erni Ratika Sari Br Pakpahan Universitas Putera Batam
  • Wasiman Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.53640/jemi.v25i1.1820

Keywords:

Citra Merek, Kepuasan Konsumen, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak citra merek, kualitas produk, dan kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian produk skincare The Originote di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian mencakup pelanggan yang telah membeli produk Skincare The Originote di Kota Batam sepanjang tahun 2024, meskipun jumlah pastinya belum diketahui. Penentuan ukuran sampel dilakukan menggunakan rumus Lameshow, menghasilkan 100 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data mencakup uji kualitas data, uji asumsi klasik, pengujian pengaruh, serta uji hipotesis. Hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa citra merek berkontribusi sebesar 10,5% terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk memberikan pengaruh sebesar 28,0%, sementara kepuasan konsumen memiliki kontribusi sebesar 41,0%. Analisis koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa 80,6% variasi dalam keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh citra merek, kualitas produk, dan kepuasan konsumen. Hasil uji t dan uji F mendukung temuan ini, menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan, citra merek, kualitas produk, dan kepuasan konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-06-16

How to Cite

Erni Ratika Sari Br Pakpahan, & Wasiman. (2025). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Kepuasan Konsumen, Terhadap Keputusan Pembelian Skincare The Originote Di Kota Batam. Jurnal Ekonomi &Amp; Manajemen Indonesia, 25(1), 28–40. https://doi.org/10.53640/jemi.v25i1.1820

Issue

Section

Articles