Analisis Perbandingan Persepsi Konsumen Pengguna E-Wallet (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara)

Authors

  • Yonathan Palinggi Universitas Kutai Kartanegara
  • Eva Tantiana universitas kutai kartanegara
  • Erwinsyah Erwinsyah universitas kutai kartanegara

DOI:

https://doi.org/10.53640/jemi.v23i2.1409

Keywords:

Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kepercayaan, Persepsi Keamanan

Abstract

Kemajuan teknologi di bidang keuangan industri dapat dilihat dari adanya pembayaran elektronik yaitu dompet elektronik (e-wallet). Produk e-wallet yang saat ini terkenal dan banyak digunakan di mahasiswa adalah DANA atau Go-Pay, oleh karena itu  penelitian ini menggunakan 4 variabel mengukur persepsi konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perbandingan persepsi konsumen pengguna E-wallet pada pengguna aplikasi DANA atau Go-Pay pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara. Metode penelitian ini menggunakan sampling insidential sebanyak 60 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Mann Whitney U- test non parametris yang digunakan untuk mengetahui perbedaan median -median kelompok pada E-wallet DANA atau Go-Pay. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) terdapat perbedaan persepsi konsumen yang signifikan mengenai elemen persepsi manfaat pada pengguna e-wallet DANA atau Go-Pay (2) tidak ada perbedaan persepsi konsumen yang signifikan mengenai elemen persepsi kemudahan penggunaan pada pengguna e-wallet DANA atau Go-Pay (3) tidak ada perbedaan persepsi konsumen yang signifikan mengenai elemen persepsi kepercayaan pada pengguna e-wallet DANA atau Go-Pay (4) tidak ada perbedaan persepsi konsumen yang signifikan mengenai elemen persepsi keamanan pada pengguna e-wallet DANA atau Go-Pay.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-12-02

How to Cite

Palinggi, Y., Tantiana, E. ., & Erwinsyah, E. (2023). Analisis Perbandingan Persepsi Konsumen Pengguna E-Wallet (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara). Jurnal Ekonomi &Amp; Manajemen Indonesia, 23(2), 1–14. https://doi.org/10.53640/jemi.v23i2.1409

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>