STRATEGI PENANAMAN KARAKTER PADA SISWA KELAS AWAL SDIT NURUL ILMI DAN INSAN CENDIKIA TENGGARONG

Penulis

  • Universitas Kutai Kartanegara

DOI:

https://doi.org/10.53640/beraksi.v1i2.1513

Kata Kunci:

penanaman karakter, pendidikan, anak kelas awal

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan upaya dan strategi penanaman pendidikan karakter pada siswa kelas awal, menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta pengambilan kesimpulan dan verifikasi (Miles dan Huberman). Keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya dan strategi yang dilakukan dalam penanaman karakter pada siswa kelas awal, menjalin komunikasi dengan orang tua, buku penghubung, bina kelas, ibadah praktis, dan pengawasan dari orangtua. pembiasaan, keteladanan, nasehat, reward dan punishment. Data tersebut dapat diperkuat dengan, menyatukan visi dan misi, monitoring  dan evaluasi, memaksimalkan fungsi seluruh guru dalam pembinaan penanaman karakter.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amri, Sofan, Ahmad Jauhari, Tatik Elisah, Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran, Jakarta: PT Prestasi Pustaka, 2011.

Baharuddin, Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.

Bromley, The Psychology of Character, ( London: Routlege & Kegan Paul) Ltd

Departemen agama RI, Al-qur’an dan terjemahan,Bandung, 2015, syamil https://kalam.sindonews.com

B.Miles Matthew dan A.Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif, Alih bahasa : Tjetjep Rohendi Rohidi, Jakarta : Universitas Indonesia,1992.

Hamruni, Strategi Pembelajaran, Yogyakarta:Insan Madani, 2012

J. Moleong Lexy.Metodologi Penelitian Kualitatif ( Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Lickona, Thomas, Character Matter: How to Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues, Terj. Juma Abdu Wamaungo, Jakarta: Bumi Aksara,2013

Marzuki, Pendidikan Karakter Islam, Jakarta : Amzah,2015.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 146 tahun 2014, Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Moedzakir, M.Djauzi. Desain dan Model Penelitian Kualitatif ( Biografi, fenomenologi, Teori Grounded, dan Studi Kasus), Malang : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 2010.

Moh. Nazir, Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia, 2005.

Mulyasa, Manajemen Paud, PT Remaja Rosdakarya: Bandung, 2016.

Mulyasa, E., Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: PT.Bumi Aksara,2011

Narwanti,S., Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Familoia/Grup Relasi Inti Media, 2011

Nurul Zuriah, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan (Teori Aplikasi), Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Oci Melisa Depiyanti, Model Pendidikan Karakter di Islamic Full Day School, Jurnal Tarbawi Vol.1 No 3, 2012

Prawidya Lestari dan Sukanti, “ Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler, dan Hidden Curriculum (di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta), Jurnal penelitian, Vol. 10 No. 1,2016

Prastisti,Wiwien Dinar , Psikologi Anak Usia Dini, Bogor: PT. Macanan Jaya Cemerlang, 2018.

Sani, Ridwan Abdullah & M. Kadri, Pendidikan Karakter, Jakarta: PT Bumi aksara, 2016

Saifuddin Azwar, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka pelajar, 1998.

Santoso, Konsep Pendidikan Anak Usia Dini menurut Pendirinya, Jakarta, 2012

Santrock J.W. Life Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Jilid 1:Edisi kelima,2002.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D), Bandung: Alfabeta, 2010.

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Susanto, Ahmad, Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya, Jakarta: Kencana 2017.

Suko Prayitno, Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran PKn di SD Negeri 1 Kuwu Kradenan Grobogan, Tesis, 2014

Yin, Robert K, Case Study Research: Design and Methods ( terjemahan M.Djauzi Mudzakir), Jakarta: Grafindo Persada, 2013.

Yuliani nurani sujiono, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT Indeks,2013.

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter, Jakarta; Kencana Prenada Media Group, 2011

Zubaedi, Strategi Taktis Pendidikan Karakter, Depok; PT Raja Grapindo Persada, 2017

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-04

Cara Mengutip

Erita, S. (2024). STRATEGI PENANAMAN KARAKTER PADA SISWA KELAS AWAL SDIT NURUL ILMI DAN INSAN CENDIKIA TENGGARONG . Jurnal Benua Etam Ramah Anak Usia Dini, 1(2), 12–22. https://doi.org/10.53640/beraksi.v1i2.1513

Terbitan

Bagian

Articles