OPTIMALISASI PRODUKSI IKAN ASIN MENGGUNAKAN PROGRAMASI LINIER PADA USAHA UD. GUDANG WARDIMAN DESA LIANG KECAMATAN KOTA BANGUN

Authors

  • Ovigeria Subroto Sinaga Universitas Kutai Kartanegara
  • Siti Maufiroh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat produksi ikan asin dan mengetahui solusi produksi yang dapat memberikan hasil produksi optimum yang diusahakan oleh UD. Gudang Wardiman yang bertempat di Desa Liang Kecamatan Kota Bangun.  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 di UD. Gudang Wardiman Desa Liang Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.

            Penelitian ini menggunakan data primer diperoleh dari pemilik usaha melalui wawancara langsung dengan menggunakan daftar pertannyaan.  Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Linier Programming dengan bantuan program komputer EXCEL QM.  Fungsi kendala yang digunakan adalah bahan baku, jam tenaga kerja, dan waktu pengeringan.

            Hasil analisis menunjukan bahwa sebagian besar faktor produksi digunakan secara optimal sehingga hasil produksi yang diperoleh oleh UD. Gudang Wardiman juga hampir mencapai titik optimum.  Tingkat produksi seluruh jenis ikan asin pada kondisi aktual adalah sebesar 740 kilogram, sedangkan pada kondisi optimal adalah sebesar 741,83 kilogram.  Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan produksi pada usaha ini telah mendekati optimal bahkan dapat dikatakan optimal karena hanya memiliki selisih produksi sebesar 1,83 kilogram saja.

 

Kata Kunci: Optimalisasi produksi, ikan asin, program linier

References

Afrianto dan Liviawaty. 2011. Pengawetan dan Pengolahan Ikan. Yogyakarta : Kanius.

Badan Pusat Statistik. 2016. Kabupaten Kutai Kartanegara Dalam Angka. BPS Kabupaten Kutai Kartanegara.

Damayanti, Arista. 2004. Analisis Optimalisasi Pola Tanam Terhadap Pendapatan Petani Sayur (Kasus di Desa Loh Sumber Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara). Skripsi. Tenggarong. Fakultas Pertanian Universitas Kutai Kartanegara.

Sugiono. 2003. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Supari. DH. 2001. Manajemem Produksi dan Operasional Agribisnis Hortikultura. Jakarta : Grammedia.

Supranata. Johanes. 2004. Riset Operasi. Jakarta : UI-press.

Downloads

Published

2019-06-21

Issue

Section

Articles