Respons Hasil Cabai Besar (Capsicum Annuum L.) Terhadap Pemberian Pupuk Kandang Ayam Dan Mulsa

Authors

  • Eka Rahmawati Universitas Kutai Kartanegara
  • Mohamad Fadli Universitas Kutai Kartanegara
  • Zainal Zainal

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respons hasil cabai besar terhadap pemberian pupuk kandang ayam dan mulsa. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok dengan analisis faktorial 4 x 3 dan terdiri atas 3 ulangan. Faktor pertama adalah pemberian pupuk kandang ayam (a) yang terdiri atas 4 taraf yaitu kontrol (a0), 10 t ha-1 atau 1,8 kg petak-1 (a1), 20 t ha-1 atau 3,6 kg petak-1 (a2) dan 30 t ha-1 atau 5,4 kg petak-1 (a3). Sedangkan sebagai faktor kedua adalah mulsa (m), terdiri dari 3 taraf, yaitu tanpa mulsa (m0), mulsa jerami padi (m1) dan mulsa plastik hitam perak (m2).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pupuk kandang ayam berpengaruh sangat nyata terhadap jumlah buah per tanaman, bobot buah per tanaman dan hasil. Hasil panen tertinggi dicapai pada perlakuan a3 (30 t ha-1 pupuk kandang ayam) dan menghasilkan rata-rata 5,02 t ha-1 sedangkan hasil panen terendah dicapai pada perlakuan a0 (kontrol) 4,27 t ha-1.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan mulsa berpengaruh sangat nyata terhadap jumlah buah per tanaman, bobot buah per tanaman dan hasil. Hasil panen tertinggi dicapai pada perlakuan m2 (mulsa plastik hitam perak) dan menghasilkan rata-rata 5,49 t ha-1 sedangkan hasil panen terendah dicapai pada perlakuan m0 (tanpa mulsa) 3,73 t ha-1.
Interaksi perlakuan pupuk kandang ayam dan mulsa berpengaruh tidak nyata terhadap jumlah buah per tanaman, bobot buah pertanaman dan hasil. Hasil panen tertinggi dicapai pada interaksi perlakuan a3m2 (30 t ha-1 pupuk kandang ayam dan mulsa plastik hitam perak) dan menghasilkan 5,64 t.ha-1 sedangkan hasil panen terendah dicapai pada interaksi perlakuan a0m0 (tanpa pupuk kandang ayam dan tanpa mulsa) menghasilkan 3,08 t ha-1.
Kata kunci: cabai merah, pupuk kandang ayam, mulsa

References

Agromedia, 2008. Panduan lengkap budidaya cabai. Agromedia Pustaka, Jakarta.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Kutai Kartanegara. 2009. Laporan Tahunan 2008. Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Tenggarong.

Lingga, P dan Marsono. 2002. Petunjuk penggunaan pupuk. Penebar Swadaya, Jakarta.

Musnamar, E. I, 2003. Pupuk organik cair dan padat, pembuatan dan aplikasi. Penebar Swadaya. Jakarta.

Nawangsih. A. A, Imdaad. H. P, Wahyudi. A, 2002. Cabai hot beauty. Penebar Swadaya. Jakarta.

Samekto, R. 2006. Pupuk kandang. PT Citra Aji Pratama, Yogyakarta.

Saptarini, N. Eti Widayati, Lili Sari. B., Sarwono, 2001. Membuat tanaman cepat berbuah. Penebar Swadaya, Jakarta.

Setiadi, 2002. Bertanam cabai. Penebar Swadaya, Jakarta.

Umboh, A. H. 2002. Petunjuk penggunaan mulsa. Penebar Swadaya, Jakarta.

Downloads

Published

2017-02-18

Issue

Section

Articles