Respons Pertumbuhan Dan Hasil Cabai Merah (Capsicum annum L.) Terhadap Waktu Pemberian Dan Konsentrasi Herbafarm

Authors

  • Eka Rahmawati Universitas Kutai Kartanegara
  • Karno Karno Universitas Kutai Kartanegara
  • Risqi Amalia Agustina Universitas Kutai Kartanegara

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respons pertumbuhan dan hasil cabai merah terhadap waktu pemberian dan konsentrasi herbafarm. Penelitian dilaksanakan di Jl. Jelawat No.37 Kelurahan Timbau Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur dari bulan September 2012 sampai Januari tahun 2013.
Penelitian menggunakan Rancangan Petak Terpisah (RPT) sebagai petak utama (main plot) adalah waktu pemberian pupuk Herbafarm dan sebagai anak petak (sub plot) adalah konsentrasi pupuk Herbafarm, masing-masing perlakuan dalam penelitian ini di ulang 3 kali. Faktor petak utama dalam penelitian yaitu waktu pemberian pupuk Herbafarm (W) yaitu w1 (5 hari sekali), w2 (10 hari sekali) dan w3 (15 hari sekali) sedangakan faktor anak petak penelitian adalah konsentrasi Herbafarm (K) yaitu k0 sebagai tanpa pupuk (Kontrol), k1 (4 cc L-1 air), k2 (6 cc L-1 air) dan k3 (8 cc L-1 air)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa respons pertumbuhan dan hasil cabai merah terhadap waktu pemberian dan konsentrasi herbafarm berpengaruh sangat nyata terhadap umur tanaman saat berbunga, sedangkan berpengaruh nyata terhadap bobot buah per tanaman dan berpengaruh tidak nyata terhadap jumlah cabang. Hasil per tanaman tertinggi terdapat pada perlakuan k3 (8 cc L-1 air) memberikan rata-rata bobot per buah 117,11 g. Hasil sidik ragam pengaruh pemberian herbafarm terhadap hasil bobot buah pertanaman (g) melalui persamaan linier maka didapatkan kurva kuadratik dengan persamaan Ŷ = 104.962 + 0,028x dan r2 = 0,61. Pengaruh waktu pemberian pupuk herbafarm dengan dosis 8 cc L-1 air dan dengan waktu 15 hari sekali setelah tanam, dapat di anjurkan karena mampu memperoleh hasil yang tinggi.
Kata Kunci : Respons, cabai merah, herbafarm

References

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Kutai Kartanegara 2013. Laporan tahun 2013. Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Kabupatan Kutai Kartanegara, Tenggarong.

Harjadi,S.S. 2002. Pengantar Agronomi. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Harpenas A. dan Dermawan R. 2009. Budi Daya Cabai Unggul. Penebar Swadaya, Jakarta.

Murtamar E. I. 2003. Pupuk Organik, Cair dan Padat, Pembuatan dan Aplikasi. Penebar Swadaya, Jakarta.

Suwito, H. 2007. Membuat Pupuk Kompos Cair. Agromedia Pustaka. Jakarta

Wahyudi. 2010. Petunjuk Praktis Bertanam Sayuran. Agromedia Pustaka. Jakarta

Wijaya, K. A. 2008. Nutrisi Tanaman. Prestasi Pustaka. Jakarta

Downloads

Published

2016-09-22

Issue

Section

Articles