Kajian produksi material batuan penutup (overburden) pada PT. Kaltim Batumanunggal Kebupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur

Authors

  • Syahnan Ilham Universitas Kutai Kartanegara
  • Akhmad Rifandy

Abstract

ABSTRAK

 

Pemindahan tanah mekanis adalah semua pekerjaan semua kegiatan yang berhubungan dengan penggalian (digging, breaking, loosening), pemuatan (loading), pengangkutan (hauling, transporting), penimbunan (dumping, filling), perataan (spreading, leveling) dan pemadatan (compacting) tanah atau batuan (Over Burden) dengan menggunakan alat-alat mekanis.

Metode yang diterapkan pada penelitian ini yaitu mengukur cycle time alat, efisiensi alat dan faktor yang mempengaruhi produksi overburden sehingga dapat diketahui pruduksi overburden, keserasian kerja alat dan kendala produksi overburden. beracuan pada (Awang suwandi, 2001).

Berdasarkan dari hasil penelitian bulan Oktober 2019, maka disimpulkan efisiensi kerja alat optimum untuk alat gali muat adalah 73,0 %, alat angkut 68 % dan produktivitas alat gali muat sebesar 372 bcm/jam, alat angkut sebesar 33.63 bcm/jam dan setelah perbaikan cycle time pada alat angkut didapatkan peningkatan nilai produktivitas sebesar 41.34 bcm/jam dari hasil tersebut telah mencapai target yang telah ditentukan yaitu 40 bcm/jam. cycle time untuk alat gali muat 0,33 menit, alat angkut 12.54 menit dan setelah perbaikan cycle time alat angkut didapatkan nilai cycle time sebesar 10,20 menit sehingga keserasian kerja (macth factor) awal yaitu 0,70<1 dan setelah di reduse 9 % mengalami peningkatan nilai yaitu 0,86<1 maka dapat disimpulkan match factor mendekati serasi atau dapat diartikan yaitu alat gali muat sedikit menunggu sedangkan alat angkut sibuk. 

 

Kata kunci : Pemindahan OB, Metode Konvensional, Pencapaian Produksi

Additional Files

Published

2020-12-29

Issue

Section

Jurnal Geologi Pertambangan