Investasi dan Analisis Kelayakan Ekonomi Pertambangan Batubara PT. Adimitra Baratama Nusantara di Kalimantan Timur

Authors

  • Akhmad Rifandy Universitas Kutai Kartanegara

DOI:

https://doi.org/10.53640/jgp.v26i1.754

Keywords:

Kata Kunci, Investasi, Kelayakan Ekonomi, Cash Flow

Abstract

ABSTRAK

Mempertimbangkan potensi batubara yang masih ada, harga batubara, nilai batubara Kutai Kartanegara di market, dan fasilitas dan infrastruktur yang telah dimiliki perusahaan, serta keinginan lebih berkontribusi pada peningkatan nilai perusahaan dan untuk pendapatan negara. Penambangan sisa cadangan batubara PT. Adimitra Baratama Nusantara ini yang menjadi dasar perlu dilakukan penyesuaian kondisi lingkungan, fasilitas, dan infrastruktur yang ada sekarang khususnya terhadap kondisi keekonomiannya.

Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis investasi dan harga jual batubara mengacu pada kebijakan pemerintah dalam hal pemasaran batubara serta melakukan analisis ekonomi dengan menggunakan konsep aliran kas diskonto (discounted cash flow analysis)

Berdasarkan analisa sensitivitas diketahui bahwa kegiatan penambangan batubara PT. Adimitra Baratama Nusantara yang akan dilakukan selama 9 tahun (2019 – 2027) dalam kondisi normal memiliki masa payback period dibandingkan DCFROR dengan tingkat sensitifitas terhadap i* (15%), dengan periode pengembalian tercepat selama 1 tahun 8,9 bulan pada kondisi harga jual naik 10% dan kondisi terburuk pada kondisi harga jual turun sampai 10% nilai DCFROR sebesar 15,7%, dengan kondisi titik impas produksi batubara terendah sebesar 4.488.756 Ton. Kegiatan investasi di industri pertambangan batubara yang dilakukan oleh PT. Adimitra Baratama Nusantara dapat dikatakan layak karena memenuhi persayaratan pada kondisi normal (dalam penentuan di perencanaan), didapat perhitungan DCFROR (51,2%) > i* (15%) dengan tingkat kepekaan terhadap perubahan harga jual turun di 10%. Berdasarkan kondisi tersebut diatas maka dapat disimpulkan usulan investasi penambangan PT. Adimitra Baratama Nusantara dapat diterima (layak)

 

Kata Kunci : Investasi, Kelayakan Ekonomi, Cash Flow

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Akhmad Rifandy, Universitas Kutai Kartanegara

Fakultas Teknik

Program Studi Teknik Pertambangan

References

DAFTAR PUSTAKA

Barber. J dan Hanna, P .. 2000, The Mine Planning Process. Proceedings of mining dan Energy Indonesia 2000 Conference "New Indonesian Era for Better Investment and National Prosperity ". Jakarta.

Kawalec. W,. 2000. Open Pit design optimisation of a lignit deposit. Proceedings of the Thirteenth International Symposium On mine planning and Equipment Selection. AA,Balkema,Rotterdam,217-222,

Kennedy. B.A.. 1990. Surface mining. Edisi 2, Society for mining metallurgy, and Exploration. Inc .USA.

Sasongko. W, 2009. Pemodelan Optimasi Pit Tambang Terbuka Batubara : Pendekatan Incremental Pit Expansion dan Model Cash Flow. Proceedings International Conference Science and Technology, Yogyakarta

Topal. E.. 2008. Evaluation of a mining project using discounted cash flow analysis, decision tree analysis. Monte Carlo Simulation and real options using an example. Int. J. Mining and Mineral Engineering, 1 (1), 62 - 76.

Downloads

Published

2020-01-05

Issue

Section

Jurnal Geologi Pertambangan