Penyerahan Naskah

Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Panduan Penulis

Tulisan dalam JEMI tersusun atas bagian Judul. Abstrak, Pendahuluan, Bahan, dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Daftar Pustaka dan Lampiran :

Komposisi naskah mengikuti urutan sebagai berikut :

Judul

Judul harus singkat, tetapi menggambarkan identitas, indikasi tujuan, dan pokok permasalahan yang diteliti. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Nama penyusun naskah ditulis dibawah judul, dan di bawah nama ditulis identitas atau profesi penulis serta instansinya.

Abstrak dan Kata Kunci

Memuat secara ringkas latar belakang, tujuan, metode, yang digunakan dan kesimpulan. Abstrak dibuat dalam bahasa Inggris. Tidak melebihi 300 kata. Kata kunci (Key Word) diberikan penulis sebanyak 5 lima buah yang disusun berdasarkan abjad dengan huruf KAPITAL pada awal kata.

Pendahuluan

Mengandung latar belakang yang mendasari penelitian, tujuan penelitian, kerangka teori dan pustaka secara ringkas, serta pendekatan yang digunakan yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Penulisan pustaka menggunakan nama dan tahun.

Bahan dan Metode

Menggambarkan secara rinci dan jelas tetapi ringkas mengenai bahan-bahan yang digunakan penelitian, lokasi dan waktu pelaksanaan penelitian. Metode yang digunakan ditulis dengan jelas dan sistematis, termasuk tentang rancangan statistik. Hal ini memungkinkan peneliti lain yang akan meneliti ulang dengan kajian yang lebih luas dapat melakukan dengan cara yang relatif sama.

Hasil dan Pembahasan

Mengandung hasil-hasil penelitian yang diperoleh seca singkat dan dapat diperjelas dengan menggunakan table, grafik, dan gambar yang hanya disajikan sejaki saja, harus di nomori serta dtemui dalam teks. Judul tabel, grafik, dan gambar ditulis dalam bahasa Indonesia dan diletakan diatas subyek (tabel, grafik, atau gambar). Pembahasan disusun dengan menonjolkan hasil penelitian secara luas yang mendapat perhatian, menjelaskan artinya, membandingkan dengan hasil penelitian untuk memberikan arah bagi peneliti lebih lanjut.

Kesimpulan 

Menyajikan hasil penelitian yang terpenting dan mewakili keseluruhan pembahasan.

Daaftar Pustaka

Disusun berdasarkan abjad nama pengarang, tahun, menyebutkan judul, penerbit, kota, volume, nomor publikasi. Setiap Pustaka yang digunakan harus muncul dalam teks.

Lampiran 

Menyajikan keterangan pelengkap/tambahan berupa table, bagan, foto, peta-peta lokasi, ilustrasi, dan sebagainya.

=Penulisan Naskah=

Naskah deketik 1.5 sepasi kecuali abstrak 1 sepasi, pada kertas ukuran A4 dengan foint 12 IBM format (MS Word), huruf Times New Roman. Naskah diserahkan dalam bentul print out maksimal 15 halaman diserta dengan disketnya.

=Naskah Bedah Buku Dan Karya Ilmiah=

Secara umum ketentuan penulisan naskah penelitian juga berlaku untuk penulisan naskah bedah buku dan Karya Ilmiah.

Pernyataan Privasi

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.